Pengalaman Mencoba Pertama Kali Naik KRL Solo Jogja

Halo sob, kali ini mau bagi info Pengalaman Mencoba Pertama Kali Naik KRL Solo Jogja. Cari info kereta api terbaru? Cekidot sob..

Info Transportasi : Pengalaman Mencoba Pertama Kali Naik KRL Solo Jogja

Kangen naik transportasi umum bersama sob? Kamu bisa nyimak rekomendasi transportasi umum yang keren terbaru ini. Nah untuk sobat semua dihimbau tertib, jaga jarak dan jaga kebersihan. Ingat ya selalu pakai masker, rajin cuci tangan, bawa handsantizer. Patuhi dan terapkan displin protokol kesehatan.

Kabar gembira untuk sobat semua yang sering sekali untuk wira wiri kemanapun menggunakan transportasi darat yakni kereta api sebagai transportasi umum yang bisa diandalkan untuk bekerja atau perjalanan bisnis dan pastinya untuk membantu mobilitas sobat kemanapun. Sobat bisa merasakan lagi kemudahan infrastruktur kereta api satu ini. Asik mantap banget segera beroperasi KRL Jogja Solo… Nah sobat semua dalam waktu dekat bisa merasakan layanan transportasi publik KRL Solo Jogja…

Pertama Kali Naik KRL Solo Jogja

Senang sekali ketika pesan whatsapp dari teman bahwa saya diajak untuk ikut uji coba terbatas KRL Solo Jogja. Kesempatan yang menarik dan sangat luar biasa, karena pasti rasanya akan sangat berbeda dan ceritanya pun akan berbeda ketika sudah resmi beroperasi penuh untuk melayani mobilitas masyarakat umum yang menggunakan jasa layanan transportasi kereta api. Terima kasih untuk kesempatan yang diberikan. Mantap banget.

Jujur saja ini benar – benar pengalaman pribadi mencoba pertama kali naik KRL Solo Jogja. Ingat bukan saya yang pertama, namun pengalaman pribadi pertama kali naik KRL, terlebih lagi ini layanan transportasi publik KRL pertama yang dihadirkan diluar Jabodetabek.

KRL Solo Jogja

KRL adalah moda transportasi publik berupa kereta api yang mengambil dayanya dari listrik di atas kereta atau biasa disebut Listrik Aliran Atas (LAA). KRL berfungsi memindahkan banyak orang dengan ruang jangkau dalam kota atau lintas kota yang berdekatan. Moda transportasi tersebut beroperasi dengan rute layanan Solo – Jogja.

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan program elektrifikasi di lintas Yogyakarta – Solo. Dengan selesainya elektrifikasi jalur tersebut, saat ini tengah berlangsung uji coba KRL Yogyakarta – Solo sejak 20 Januari 2021. Uji coba ini terbagi dalam dua tahap.

Pada 20 – 31 Januari uji coba adalah untuk undangan terbatas. Pada masa uji coba ini PT KAI melalui anak usahanya yaitu KAI Commuter fokus pada faktor keselamatan perjalanan KRL dan menerima masukan dari berbagai pemangku kepentingan terkait KRL Yogyakarta – Solo. Uji coba bagi masyarakat umum akan berlangsung pada 1 – 7 Februari 2021, dimana masyarakat harus mendaftarkan diri terlebih dulu sebelum datang ke stasiun untuk mengikuti perjalanan uji coba KRL.

Baca Juga

Ikut Uji Coba Publik KRL Jogja Solo Wajib Daftar Secara Online

Informasi Cara Pendaftaran Uji Coba Publik KRL Jogja Solo

Ingat Seputar KRL Solo Jogja

Sobat semua perlu mengingat banyak hal seputar KRL Solo Jogja, terlebih lagi disaat situasi pandemic ini untuk keamanan dan kenyamanan bersama.

Sebelum pergi menggunakan layanan transportasi KRL Solo Jogja, cek dulu ya. Persiapkan perjalanan dengan KRL Access sebelum bepergian dengan Commuterline agar perjalanan aman, sehat, dan nyaman.

Pembayaran KRL Solo Jogja yang mudah. Untuk Naik KRL Solo Jogja, sobat semua dapat menggunakan KMT (Kartu Multi Trip), Commuterpay, Uang Elektronik Bank lainnya dan dapat melakukan pembayaran melaui aplikasi yang menyediakan fasilitas scan barcode.

Sobat semua diharuskan untuk pastikan Kartu Multi Trip / Uang Elektronik lainnya memiliki saldo yang cukup dan siap untuk digunakan. Untuk dapat cek aktifasi, cek saldo & status KMT / Uang elektronikmu dapat dilakukan di mesin pembaca saldo yang ada di stasiun KRL. Bagi pengguna ponsel Android dapat menggunakan ­tur NFC untuk memeriksa saldo KMT. Unduh atau update aplikasi KRL Access melalui Play Store untuk menggunakan ­fitur ini.

Jika Saldo Kartu Multi Trip / KMT sobat kurang untuk bepergian, maka sobat semua dapat mengisi saldo sobat di mesin isi ulang KMT yang tersedia di stasiun KRL. Pastikan uang yang sobat bawa tidak terlipat agar mudah diterima oleh mesin.

Ingat agar aman dan nyaman. Sobat semua wajib mematuhi protokol Covid-19 yang telah di terapkan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan bersama.

Sobat semua juga wajib taat aturan, pertama Barang bawaan (untuk perdagangan maupun pribadi) harus sesuai dengan ukuran barang bawaan yang diizinkan dan tidak mengganggu jaga jarak aman antar pengguna. Dan yang kedua Wajib menggunakan masker dan ukur suhu tubuh dengan maksimal suhu 37,3 Derajat Celcius untuk dapat masuk ke Area Stasiun KRL.

Oh iya gunakan tangan kiri untuk masuk ya. Pastikan Tap-in / Masuk Gate KRL dengan menggunakan Gate yang berada pada sisi kiri badan pada saat sedang Tap-in.

Menunggu KRL Commuterline di Peron sesuai tujuan dengan berdiri dibelakang garis aman (garis kuning) yang telah di tentukan. Serta mendahulukan pengguna KRL Commuterline untuk turun telebih dahulu sebelum naik KRL Commuterline.

Patuhi marka jaga jarak, tidak makan – minum dan berbicara baik secara langsung ataupun melalui telepon genggam untuk mendukung upaya pencegahan Covid-19 saat berada diatas KRL Commuterline.

Di dalam KRL terdapat kursi prioritas yang terletak di ujung-ujung kereta yang di peruntukan untuk Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas, Ibu Membawa Anak, dan Wanita Hamil.

Tap-out / Keluar Gate KRL dengan menggunakan Gate yang berada pada sisi kanan badan pada saat sedang Tap-out.

Mesin Fare Adjustment digunakan jika saldo pada KMT tidak mencukupi saat keluar Gate / Tap Out, sehingga pengguna KRL dapat menyesuaikan kekurangan saldo dengan meletakkan KMT pada reader, kemudian memasukkan uang tunai sesuai dengan nominal yang di hendaki hingga saldo KMT bertambah. Seteleh itu pengguna dapat Tap Out / keluar gate dari area Stasiun untuk melanjutkan perjalanan.

Peta Rute KRL Solo Jogja

Kenapa Harus Download KRL Access untuk Naik KRL Solo Jogja

KRL Access membuat kegiatan BERCOMMUTER menjadi MUDAH, SEHAT, dan AMAN. KRL Access memiliki banyak fitur unggulan untuk sobat semua.

INFO KEPADATAN STASIUN

Memberikan informasi tentang kepadatan di stasiun sehingga Rekan Commuters dapat dengan mudah mengatur kedatangan dan keberangkatan saat akan naik KRL Commuterline.

JADWAL KERETA

Memberikan informasi tentang jadwal KRL Commuterline, dimana Rekan Commuters bisa menjadwalkan terlebih dahulu kedatangan dan keberangkataannya saat akan naik KRL Commuterline.

POSISI KERETA

Memberikan informasi tentang posisi kereta, sehingga Rekan Commuters dapat dengan mudah memantau KRL Commuterline yang sedang ditunggu.

TARIF

Memberikan informasi tentang tarif atau harga KRL dari satu stasiun ke stasiun lain, sehingga memudahkan Rekan Commuters untuk mempersiapkan diri sebelum bepergian.

Cara Naik KRL Solo Jogja dari Stasiun Solo Balapan

Setelah sobat semua mendapatkan informasi seputar KRL dan juga membaca Panduan Naik KRL dari laman resmi http://www.krl.co.id/panduan-naik-krl/ atau dapat mengunduh Buku Panduan Naik KRL berikut ini. Sobat semua tentu bingung, jika naik KRL Solo Jogja dari Stasiun Solo Balapan, mungkin bertanya dimana kah letak loket KRL Solo Jogja dan aksesnya?

Unik dan merupakan keunggulan layanan transportasi Kereta Api di Kota Solo dengan adanya Skybridge sobat semua bisa merasakan integrasi moda transportasi. Sobat bisa menggunakan Skybridge yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Terminal Tirtonadi. Kemudian Skybridge juga menghubungkan Stasiun Solo Balapan dan Terminal Tirtonadi dengan Bandara Adi Soemarmo karena akses pintu masuk peron khusus Kereta Bandara harus melalui Skybridge. Satu lagi yang paling terbaru, Skybridge menjadi akses masuk layanan moda transportasi publik terbaru yaitu KRL Solo – Jogja.

Ingat temukan bangunan Skybridge yang berada di bagian timur Stasiun Solo Balapan, lalu naik ke lantai 2 skybridge dan perhatikan papan informasi yang menjadi petunjuk jalan sobat menuju akses masuk KRL Solo – Jogja.  Oh iya sob, mesin tiket / mesin isi ulang saldo dan loket CommuterLine berada di Lantai 2. Lalu untuk Gate maupun mesin untuk aktivitasi kartu non tunai umum ( bukan Kartu Multi Trip ) ada di Lantai 1.

Penampilan Armada KRL Solo Jogja

Perlu diketahui ada dua tipe trainset KRL yang digunakan untuk layanan KRL Solo Jogja yaitu pertama Trainset Kfw i9000 buatan INKA. Bekas KRL dari Jakarta dulu berwarna orange yang kemudian dibawa pulang ke INKA untuk diperbaiki dan merubahnya menjadi KRL yang khas berwarna merah gagah berani lalu diperindah dengan motif batik parang.

Eksterior KFW

Interior KFW

Dan yang kedua trainset KRL EX JR 205. Trainset yang ini sebut saja kereta dari Jepang, lihat saja desain nya yang berbeda, khas Jepang banget. Saat ini trainset KRL EX JR 205 pun juga dipermak menjadi KRL yang khas berwarna merah gagah berani lalu diperindah dengan motif batik parang.

Maaf jika salah dan mohon dikoreksi ya dikolom komentar. Terima kasih

Suasana Perjalanan Naik KRL Solo Jogja

Aktivasi Kartu Emoney Atau Membeli Kartu Multi Trip KRL Solo Jogja

Perlu diingat sobat semua wajib memiliki tiket yang sesuai untuk naik KRL. Sobat semua dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) yang dengan mudah didapatkan di seluruh loket stasiun dengan harga Rp 30.000,- sudah termasuk saldo Rp 10.000.

Nah Kartu Multi Trip untuk naik KRL ada dua edisi, pertama edisi reguler untuk masyarakat umum dan edisi khusus Yogyakarta ( Limited Edition ) yang belum diketahui apakah akan dijual secara terbatas atau tidak. Sementara untuk tamu khusus saja.

Kartu Multi Trip adalah uang elektronik yang diterbitkan oleh PT Kereta Commuter Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bertransaksi seperti:

  • Kartu Multi Trip memudahkan transaksi dalam perjalanan KRL, pembayaran parkir di stasiun, dan merchant-merchant yang bekerjasama dengan PT Kereta Commuter Indonesia.
  • Kartu Multi Trip dapat diisi ulang (top up) di Loket Stasiun, Vending Machine, dan channel top up lainnya yang bekerja sama dengan
    PT Kereta Commuter Indonesia.
  • Kartu Multi Trip tidak memiliki masa kedaluwarsa.
  • Gratis penggantian kartu rusak selama 7 (tujuh) hari sejak Kartu Multi Trip diaktivasi.
  • Pengguna Kartu Multi Trip berkesempatan mendapatkan hadiah menarik pada event-event khusus (Customer Loyalty Program). Kartu
    Multi Trip dapat dipindah tangankan.

Selain Kartu Multi Trip, masyarakat juga dapat menggunakan dengan menggunakan kartu uang elektronik dari bank yang sudah bekerja sama KAI Commuter yaitu Emoney Mandiri, BRIZZI BRI, Tap Cash BNI, dan Flazz BCA. Setiap Kartu Multi Trip atau kartu uang elektronik bank juga hanya berlaku untuk satu orang. Sebelum digunakan wajib untuk melakukan aktivasi kartu non tunai tersebut 1x saja.

Cara melakukan aktivasi pun mudah cukup letakan kartu non tunai disebuah alat yang umumnya terletak dekat gate sehingga kartu dapat mudah dikenali oleh sistem. Alat tersebut juga berfungsi untuk cek saldo kartu non tunai.

Untuk informasi lebih lanjut silakan follow dan cek instagram resmi @commuterline

Keren banget KAICommuter, sukses selalu KRL Jogja Solo, transportasi hebat KRL Commuterline Indonesia…

Source: Berbagai Sumber

Advertisements
, , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *