Desain Micro Apartemen Berbentuk Pipa Beton di Hongkong

Halo sob , kali ini saya mau update dan membagikan Desain Micro Apartemen Berbentuk Pipa Beton di Hongkong. Unik banget pipa beton saluran pembuangan air disulap menjadi apartemen yang indah fungsional di lahan sempit. Penasaran ? Langsung saja cekidot….

Info Desain Arsitektur : Desain Micro Apartemen Berbentuk Pipa Beton di Hongkong

Image Source : www.dezeen.com

Hongkong memang benar – benar padat sob. Seperti sobat ketahui , Hong Kong dikenal memiliki hunian dengan luasan yang kecil. Hong Kong sedang mengalami masalah kekurangan lahan dan hunian perumahan membuat seorang arsitek yang berasal dari Hongkong ini bergerak merancang dan memberikan solusi yang tidak biasa dengan pembuatan apartemen ini.

James Law memberi solusi yang tidak biasa dengan membangun apartemen di lahan sempit di antara dua gedung. Micro apartemen ini benar – benar mungil dan bisa diaplikasikan ke dalam lahan yang sempit misalnya diantara dua gedung. Ini salah satu terobosan James Law mengatasi persoalan minimnya lahan di Hong Kong.

Image Source : www.dezeen.com

Prototipe apartemen yang sedang dikembangkan oleh James Law ini bernama OPod Tube Housing. Memanfaatkan pipa beton yang biasanya digunakan sebagai saluran pembuangan air ini bisa menjadi hunian / apartemen dengan desain yang compact dan interior yang indah sob. Pipa beton dengan diameter 2,5 meter bertansformasi menjadi hunian mungil dengan luas 9,29m2 lengkap dengan pintu yang bisa dibuka menggunakan smartphone sob. Masuk kategori smart home ? mungkin sob…

Image Source : www.dezeen.com

Sang arsitek James Law membayangkan struktur tabung ini ditumpuk di atas satu sama lain, menciptakan starter homes yang terjangkau bagi kaum muda. Selain itu dapat memaksimalkan ruang di dalam kota yang padat. Dinding ruang melengkung mengikuti bentuk pipa beton dilapisi kembali dengan warna putih, sehingga mengurangi kesan industrial yang begitu kuat, sementara lantai kayu datar dipasang untuk memudahkan penghuni bergerak. Kalau diingat boleh dibilang ini merupakan versi ramping dari hotel pipa di Austria.

Image Source : www.dezeen.com

Walaupun berbentuk pipa , dalam setiap micro apartemen yang memanfaatkan pipa beton ini memiliki fasilitas, seperti bangku yang dapat difungsikan sebagai tempat tidur, rak penyimpanan, dapur kecil, dan kamar mandi.

Gimana ?

Nah mungkin itu dulu sob untuk update kali ini dan sampai jumpa diupdate selanjutnya… Thank you & See you….

Have a nice day …bro & sist

 

Via Berbagai Sumber ( Source : www.dezeen.com )

Advertisements
, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *