Galeri Foto Pesona Sekaten Solo 2016

Halo sob , kali ini saya mau update Galeri Foto Pesona Sekaten Solo 2016. Nah penasaran seperti apa ? Yukk mari sob …cekidot …

Sekaten telah menjadi agenda tahunan yang paling ditunggu oleh masyaraka luas. Bisa dibilang hampir setiap tahun masyarakat Yogyakarta serta Solo ( Surakarta ) dan sekitarnya merasakan penyelenggaraan sekaten ini sob. Perayaan Sekaten ini ditandai dengan mulai dibunyikannya gamelan khusus Sekaten. Gamelan akan dibunyikan selama sepekan hingga puncak perayaan sekaten sob. Sekaten telah menjadi tradisi budaya melekat erat dihati masyarakat. Tradisi budaya yang luar biasa serta penuh makna yang akan terus lestari dan harus dilestarikan.

Photo By @bangkitpamungkas / Instagram.com

Sekaten yang diselenggarakan untuk memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW yang lahir pada tanggal 12 bulan Maulud, bulan ketiga dari tahun jawa. Sekaten merupakan upacara pendahuluan dari peringatan hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW. Diselenggarakan pada tanggal 5 hingga tanggal 12 dari bulan yang sama. Selain di Keraton Nyogyakarta Hadiningrat juga diselenggarakan di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Nah mengenai gamelan khusus yang saya maksud diawal ini sob , dua perangkat gamelan pusaka Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari, dalam tradisi sekaten ini dipindahkan dari tempat penyimpanannya di dalam keraton. Kemudian, selama sepekan ditempatkan di dua bangsal khusus gamelan yang terletak di halaman Masjid Agung Surakarta. Mulai Senin siang beberapa waktu lalu, gamelan akan terus dibunyikan hingga Senin siang pekan lalu, tepat saat puncak perayaan Sekaten bersamaan dengan 12 Rabiulawal tahun 1438 Hijriyah atau 1950 tahun Jawa. Kalau dalam kalender sekarang itu tanggal 12 Desember 2016 lalu sob.

Terhitung sudah tiga kali perayaan Sekaten di Solo tidak disertai dengan pasar malam. Ketiadaan tradisi pasar malam itu disebabkan karena Alun-alun Utara yang selama ratusan tahun selalu ditradisikan sebagai lokasi keramaian pasar malam Sekaten, saat ini sedang dipakai untuk pasar darurat guna menampung pedagang Pasar Klewer sambil menunggu Pasar Klewer selesai dibangun kembali dan dapat difungsikan lagi seperti sedia kala.

Walaupun demikian, bukan berarti Sekaten berlangsung seadanya. Kekhasan Sekaten secara tradisi tetap juga hadir melengkapi perayaan yang bisa dibilang harus prihatin dulu sob. Dalam hal ini sobat masih bisa juga menemukan banyak penjual khas sekaten yang menawarkan barang dagangannya , ya ada penjual pecut atau cambuk, penjual nginang atau sekapur sirih, endhog amal atau telor asin, celengan tanah, hingga berbagai penganan dan mainan anak-anak.

Oh iya tidak sepenuhnya , pasar malam hilang sob namun sementara pasar malam nya dipindahkan tempat di Benteng Vasternburg Solo sob , ya tidak besar banget bisa dibilang cukup lah daripada tidak ada sama sekali.

Tulisan dan update ini merupakan sebuah bentuk rangkuman kecil dari berbagai rangkaian acara Sekaten yang telah diselenggarakan dan puncaknya pada beberapa hari yang lalu atau tepatnya 12 Desember 2016 lalu. Berasal dan terinspirasi dari berbagai sumber yang telah saya satukan.

Nah masuk pada bagian inti tulisan ini sob , yukk mari kita mulai sob Galeri Foto Pesona Sekaten Solo 2016…

Mulai dari sini….

Photo By @bangkitpamungkas / Instagram.com
Photo By @betariarh / Instagram.com

#sekaten —Disini ku mengingat masa kecilku—   ( From Caption Instagram By @betariarh )

Photo By @gustiantography / Instagram.com

Gunungan

Acara ini diselenggarakan pada saat hari maulud nabi Muhammad SAW. Biasanya terdapat berbagai hasil bumi dan jajanan pasar untuk membuat bentuk seperti gunung. Gunungan diselenggarakan di keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan keraton Surakarta Hadiningrat

Surakarta, 12 Desember 2016

( From Caption Instagram By @gustiantography)

Photo By @gustiantography / Instagram.com

Tong Setan / Roda Gila

Salah satu pertunjukan khas dalam pasar malam atau skaten. Didalam tong besar ini akan ada orang yang berputar-putar dengan motor dengan sedikit freestyle. Tak jarang penonton akan memberi saweran dan si pengendara akan menyautnya.

Sekaten Surakarta 2016

( From Caption Instagram By @gustiantography)

Photo By @arkosatria / Instagram.com

Perahu di lautan manusia

( From Caption Instagram By @arkosatria )

Photo By @bangkitpamungkas / Instagram.com
Photo By @stefanushenrysetiawan / Instagram.com

Mungkin sedikit Galeri Foto Pesona Sekaten Solo 2016. Terima kasih telah membaca hingga akhir , semoga menjadi tulisan dan cerita yang bermanfaat. Sampai jumpa di Sekaten selanjutnya dan di update selanjutnya.

Matur Nuwun

 

 

Tulisan ini terinspirasi dari berbagai sumber ( Termasuk netizen , detik.com , wikipedia.org , instagram.com )

Via Berbagai Sumber

Advertisements
, , , , , , , ,

2 thoughts on “Galeri Foto Pesona Sekaten Solo 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *