Uniknya Limasan House Padukan Tradisional dan Modern

Halo sob, kali ini mau bagi info Uniknya Limasan House Padukan Tradisional dan Modern. Cari info referensi desain terbaru? Cekidot sob….

Info Desain : Uniknya Limasan House Padukan Tradisional dan Modern

Beberapa waktu lalu, saya kembali mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung Limasan House karya Lorca Langit Biru desainer Interior asal Kota Solo yang berhasil meraih penghargaan “Good Design Award” untuk kategori “Architectural Design – Interior Design” tahun 2022.

Karya memukau ini berawal dari keresahan saat melihat banyaknya rumah tradisional jawa yang tidak digarap dengan baik dari segi desain interiornya. Banyak pemilik rumah tradisional jawa yang bingung menata rumahnya agar relevan dengan kebutuhan hidup modern.

Tepat 20 September 2022 dalam rangka syukuran Good Design Award 2022, saya bersama rekan media diajak berkeliling rumah. Saat pertama kali mengunjungi Limasan House karya Lorca Langit Biru dapat melihat langsung fasade bangunan rumah limasan asli masih dipertahankan. Ketika mulai memasuki teras joglo Limasan House, sobat tentu langsung bisa merasakan gradasi nuansa ruangan dari tradisi ke modern.

Lorca dengan cermat menata dan memadukan furniture tradisional dengan desain furniture modern di bagian depan rumah ini. Area depan rumah yang sangat luas bisa digunakan sebagai ruang untuk bersantai, berkumpul dan bersosialisasi dengan kerabat, hingga menerima tamu.

Pengalaman ruang terasa semakin unik ketika mulai memasuki ruang inti rumah. Ruang inti rumah berhasil dirubah gaya interior modern yang relevan dengan kebutuhan hidup modern. Menariknya secara denah ruang masih semi mengadopsi rumah tradisional jawa seperti ada sentong kiri dan sentok kanan.

Kesan clean dan minimalis sangat terasa di ruang dalam Limasan House. Ruang dalam yang Hal ini dapat terjadi berkat sekat ruangan yang menutupi tiang dan kolom bangunan. Limasan House membuat sobat mendapat referensi belajar pencahayaan alami dapat lebih optimal. Belajar untuk menerangi ruang sehingga dapat dicapai suasana ruang yang lebih terang berkat langkah yang harus dilakukan untuk menghilangkan kesan menyeramkan pada rumah tradisional dengan cara membuat jendela kaca yang lebar di dinding ruangannya.

Sobat juga bisa menemukan sofa dan set meja kursi bernuansa modern yang melengkapi ruangan sehingga dicapai kenyamanan ruangan yang maksimal. Nuansa modern juga ditemukan saat sobat melihat instalasi lampu yang unik terbuat dari pipa terinspirasi dari laba laba. Detail modern lain dari Limasan House yang membuat rumah ini clean dan praktis yaitu penggunaan saklar listri yang modern disertai penutup.

Satu lagi sob, detil menarik dari Limasan House terdapat karya Lorca Biru yang juga memenangkan Good Design Award 2020 yaitu Store+ yang dikombinasikan dengan kendi yang disusun secara apik. Selain mewakili kesan tradisional jawa, wadah terbuat dari tanah liat yang biasa digunakan untuk menyimpan air menambah nilai artistic dari rumah.

Advertisements
, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.