Daftar 5 Tempat Wisata Favorit di Boyolali

Halo sob, kali ini mau bagi info Daftar 5 Tempat Wisata Favorit di Boyolali. Cari info wisata Solo terbaru ? Cekidot sob…

Info Wisata Jawa Tengah : Daftar 5 Tempat Wisata Favorit di Boyolali

Kangen berwisata sob? Kamu bisa nyimak rekomendasi tempat wisata Boyolali terbaru ini. Nah untuk sobat semua dihimbau tertib, jaga jarak dan jaga kebersihan. Ingat ya selalu pakai masker, rajin cuci tangan, bawa handsantizer. Patuhi dan terapkan displin protokol kesehatan.

Berlibur berwisata bersama keluarga maupun sahabat menikmati suasana dan suguhan destinasi wisata yang keren mulai dari wisata alam , budaya maupun kuliner. Kebersamaan keluarga melepas penat dari segala rutinitas harian yang sangat padat. Memaksimalkan liburan penuh kebersamaan ke berbagai destinasi wisata. Ada wisata keren yang asik banget di Boyolali, beberapa tempat wisata ini selalu dikunjungi setiap tahunnya.

CEK JUGA SOB: Belanja outfit liburan staycation keren tanpa ribet disini https://shp.ee/rue7c92

Wajib Kesini Daftar 5 Tempat Wisata Favorit 2020 di Boyolali

Menurut Kabupaten Boyolali Dalam Angka 2021 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Boyolali bercerita bahwa obyek wisata yang menjadi daya tarik di Kabupaten Boyolali antara lain adalah Umbul Pengging, Umbul Tlatar, Wana Wisata Telawa, Makam Yosodipuro, dan juga Waduk Cengklik. Sepanjang 2020 kunjungan wisata terbanyak adalah di Umbul Pengging yang mencapai 81.965 pengunjung. Kunjungan terbanyak selanjutnya adalah di Umbul Tlatar, sebanyak 77.863 pengunjung.

Umbul Pengging Boyolali

Wisata favorit Umbul Pengging Boyolali dikenal sebagai tempat pemandian yang airnya menyegarkan karena bersumber dari mata air murni sebut saja tuk atau umbul tetapi juga menyimpan cerita mistis penuh dengan sejarah tradisi.

Diketahui wisata favorit Umbul Pengging Boyolali memiliki 3 sumber mata air mulai dari Umbul Penganten, Umbul Ngabean, dan Umbul Duda. Fakta unik tempat wisata Umbul Pengging Boyolali ini pernah menjadi tempat pemandian SISKS Paku Buwono X (Raja Keraton Surakarta : 1893-1939).

Fakta unik tempat wisata Umbul Pengging Boyolali selanjutnya baik itu mbul Penganten, Umbul Ngabean, dan Umbul Duda ini merupakan peninggalan Ki Ageng Pengging pada zaman peralihan Majapahit ke Demak. Jika di Yogyakarta ada Taman Sari, maka Boyolali ada Umbul Pengging. Umbul Pengging dikenal juga dengan nama Umbul Tirto Marto. Dulunya Umbul Pengging merupakan salah satu area yang digunakan sebagai tempat bersantai untuk raja dan keluarganya.

Bahkan dari tahun ke tahun Umbul Pengging merupakan salah satu pilihan tempat padusan di Boyolali. Padusan merupakan ritual mensucikan diri sebelum melaksanakan ibadah puasa.

Umbul Tlatar Boyolali

Umbul Tlatar menjadi tempat wisata air favorit karena mampu tumbuh dan berkembang menjadi ekowisata yang lengkap meliputi wisata air, wisata kuliner dan wisata edukasi yang cocok untuk wisata keluarga Boyolali.

Perlu sobat ketahui Tempat Wisata Umbul Tlatar Boyolali sendiri lokasinya di sebelah utara Kota Boyolali, tepatnya berada di Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Jawa Tengah.

Tempat Wisata Umbul Tlatar Boyolali berdiri diatas lahan seluas 7 hektar. Wisata Favorit Umbul Tlatar ini udara sejuk menjadi tempat yang nyaman kumpul keluarga karena berada di kaki Gunung Merbabu pada ketinggian 350 Mdpl dengan suasana pedesaan yang alami, pepohonan yang asri.

CEK JUGA SOB: Referensi langganan voucher Netflix Premium disini https://shp.ee/gtv8gt8

Wana Wisata Telawa Boyolali

Wana Wisata Telawa ini wisata alam yang berada di kawasan Perhutani Telawa yang tentunya dipantau dan dikelola KPH Telawa. Beberapa titik atau bagian dari Waduk Kedung Ombo juga merupakan kawasan Wana Wisata Telawa.

Diketahui Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Telawa telah menyediakan wahana wisata hutan Kedung Cinta pada 2016 lalu. Destinasi Wisata Kedung Cinta memiliki fasilitas warung makan apung, jetsky, speedboat, bebek air, naik kuda, dan playground.

Wana Wisata Kedung Cinta Boyolali menjadi tempat wisata alam yang indah dengan latar waduk luas membentang hijau dan selalu ramai di kunjungi setiap akhir pekan atau hari libur.

Makam Yosodipuro

Sobat millennials tentu harus mengetahui bahwa Raden Ngabehi Yosodipuro adalah pujangga dari Keraton Surakarta Hadiningrat yang hidup di masa lampau. Ketika meninggal, Raden Ngabehi Yosodipuro dimakamkan di Desa Bendan, Kecamatan Banyudono. Sekitar 12 km ke arah timur dari Kota Boyolali, atau 200 m ke arah utara dari Pemandian Tirto Marto Pengging. Makam R. Ng. Yosodipuro telah berkembang menjadi objek wisata religi terlihat dari banyak yang melalukan ziarah dengan setiap Jumat Pahing diselenggarakan upacara Sanggaran.

Kemudian diketahui Makam Raden Ngabehi Yosodipuro maupun Masjid Ciptomulyo saling terhubung dalam perkembangannya memiliki peran hebat sejarah masa lalu Pengging. Masjid Ciptomulyo Pengging, memiliki nama Ciptomulyo berarti menciptakan kemuliaan di dunia dan akhirat. Masjid Ciptomulyo ini sangat bersejarah dan merupakan warisan sejarah masa lalu peninggalan Sri Paduka Pakubuwono X.

Waduk Cengklik Boyolali

Ngomongin mengenai Waduk Cengklik sob , Si Waduk hits ini terletak di Desa Ngargorejo , Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Nah waduk ini terbilang tidak jauh dari bandara adi soemarmo Boyolali.

Waduk ini memiliki banyak fungsi sebagai tempat penampungan air sekaligus sumber air yang menyuplai sawah singkatnya sebagai pengairan alias irigasi dan juga kebutuhan masyarakat sekitar Waduk Cengklik ini sob , yang perannya begitu penting sekali.

Selain itu di balik fungsinya yang penting tersebut, Waduk Cengklik Boyolali juga menjadi objek wisata alias destinasi murah meriah bagi semua orang sob terkhususnya di kalangan pecinta fotografi. Pemandangan alam indah sekitar waduk dan juga memiliki fasilitas yang memadai untuk wisata keluarga.

Gimana menurut kamu? komentar dibawah ya!! Koreksi juga kalau kami salah…Tks

Source: Kabupaten Boyolali Dalam Angka 2021 / Badan Pusat Statistik

Advertisements
, , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *