RS PKU Solo, Rumah Sakit Pilihan Kita!

               Siapa yang tidak mengenal RS PKU Muhammadiyah Solo? Rumah sakit dengan motto “Sehat Sejahtera Islami” yang terletak di Jl. Ronggowarsito 130 ini dikenal sebagai rumah sakit Solo yang Ikhlas, Ramah, dan Cekatan dalam pelayanannya. Predikat sebagai rumah sakit dengan akreditasi paripurna, Rumah Sakit Tipe B, meraih reputasi memuaskan dalam Solo Best Brand, dan menyabet penghargaan sejenis adalah bukti dari betapa tingginya komitmen RS PKU Muhammadiyah Solo untuk menghadirkan layanan dan fasilitas kesehatan yang terbaik demi kesehatan masyarakat. Jika menilik sejarahnya, kita tidak perlu kaget karena program layanan yang berkualitas dan fasilitas yang canggih ini lahir dari visi RS PKU Muhammadiyah yang luhur, yakni untuk menjadi rumah sakit dengan layanan paripurna dan Islami, serta mewujudkannya sebagai rumah sakit berkelas dunia.  Dan kini, demi visi itulah RS PKU Muhammadiyah Solo berupaya untuk menghadirkan layanan medis terbaik tanpa meninggalkan nilai-nilai keislamannya.

               Ada begitu banyak program dan layanan unggulan RS PKU Muhammadiyah Solo yang disediakan bagi masyarakat luas, dan daftar di bawah ini hanyalah beberapa di antaranya:

  1. Instalasi gawat Daurat 24 jam. Dilengkapi dengan fasilitas medis yang mumpuni dan dokter jaga yang terampil, RS PKU Muhammadiyah sanggup mengakomodasi pasien dalam kondisi darurat. Tak hanya itu, tersedia pula mobil ambulans yang siap menjemput pasien dalam kondisi darurat di luar rumah sakit.
  1. Layanan Hemodialisis / Cuci Darah: RS PKU Muhammadiyah Solo memperlengkapi layanan ini dengan mesin dyalizer yang canggih dan ruangan yang nyaman untuk melayani pasien selama menjalani proses hemodialisis.
  2. Klinik Umum
  3. Klinik Gigi
  4. Klinik-klinik spesialis yang disediakan untuk menangani masalah kesehatan yang lebih spesifik:

– Klinik Kebidanan dan Penyakit Kandungan

– Klinik Penyakit Anak

– Klinik Penyakit Dalam

– Klinik Gigi dan Mulut

– Klinik Bedah Umum, Bedah Onkologi, Bedah Mulut, Bedah Ortopedi, Bedah Urologi, Bedah Thorax Kardiovaskuler, Bedah Anak, Bedah Saraf, Bedah Plastik, dan Bedah Digestif

– Klinik THT

– Klinik Mata

– Klinik Kulit dan Kelamin

– Klinik Saraf

– Klinik Jantung dan Pembuluh Darah

– Klinik Kesehatan Jiwa

– Klinik Kesehatan Gigi Anak

– Klinik Konservasi Gigi

– Klinik Akupuntur

  1. Klinik Rehabilitasi Medik yang siap memberi layanan fisioterapi, pijat bayi, senam hamil, terapi okupasi, dan terapi wicara.
  2. Klinik KIA untuk melayani imunisasi bayi dan anak, program Keluarga Berencana, serta pemeriksaan kehamilan.
  3. Layanan Medical Check Up yang menyediakan berbagai layanan pemeriksaan kesehatan sebagai syarat rekrutmen ASN, surat keterangan sehat untuk siswa sekolah, maupun untuk keperluan pribadi.
  4. Klinik Psikologi yang memberikan layanan psikotes, tes IQ, serta menawarkan konsultasi psikologi klinis maupun nonklinis.
  5. Instalasi Gizi yang membuka ruang konsultasi gizi setiap hari dan katering diet guna melayani pasien diet khusus, baik di dalam maupun di luar rumah sakit.
  6. Layanan Instalasi Bedah Sentral yang terdiri atas 3 kamar bedah mayor dan 1 kamar bedah minor yang dilengkapi dengan peralatan canggih serta ditangani oleh dokter-dokter yang berpengalaman di bidangnya.
  7. Instalasi Rawat Inap dengan berbagai kelas kamar sesuai kebutuhan pasien.

               Tak hanya itu, untuk mendukung program Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi, RS PKU Muhammadiyah Solo juga  dilengkapi dengan layanan persalinan 24 jam tanpa rasa nyeri (ILA), mendukung Inisiasi Menyusui Dini, dan mendorong program ASI Ekslusif. Pelayanan persalinan yang disediakan di rumah sakit ini pun berkonsep single maternity room demi menjaga privasi keluarga, dan diawasi oleh dokter spesialis yang selalu siap melayani 24 jam. Layanan ini adalah salah satu layanan RS PKU Muhammadiyah yang paling terkenal sehingga keluarga Presiden Joko Widodo mempercayakan putra-putri dari Gibran Rakabuming untuk dilahirkan dan dirawat di RS PKU Muhammadiyah Solo.

               Selain memberi layanan medis, pada masa pandemi ini, RS PKU Muhammadiyah Solo juga membagikan edukasi dan informasi terkait kesehatan dan layanan medis kepada masyarakat melalui Instagram. Melalui platform ini, RS PKU Muhammadiyah Solo menjadi rumah sakit yang semakin dekat dengan masyarakat yang menjadi sasaran pelayanan dan pengabdiannya.

Advertisements
, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *