5 Tips Memilih Hosting Provider untuk Bisnis

Jika Anda hendak berbisnis online, maka mencari hosting provider yang tepat merupakan langkah paling krusial. Pasalnya, Anda bakal membutuhkan web hosting yang bagus agar toko online Anda bisa menawarkan pelayanan terbaik untuk calon customer. Namun pertama-tama, ketahui dulu tips memilih hosting provider berikut.

Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih. Salah-salah, pilihan yang keliru itu dapat berdampak pada keamanan dan kinerja website Anda. Bahkan, Anda bisa berisiko kehilangan data-data penting, statistik, hingga bisnis Anda, apabila Anda mempercayakan web hosting Anda pada penyedia yang tidak berkompeten.

Nah, untuk mencegah terjadinya ancaman-ancaman tersebut, inilah cara memilih web hosting yang tepat yang perlu Anda ketahui.

5 Tips Memilih Hosting Provider

Dari sekian banyak penyedia web hosting di luar sana, bagaimana cara memilih hosting yang bagus untuk bisnis Anda? Di bawah ini terdapat beberapa faktor yang Anda mesti perhitungkan saat mencari hosting terbaik.

1. Baca Review (Ulasan) Pembeli

Anda tentunya tidak ingin mempercayakan bisnis Anda pada penyedia hosting abal-abal, bukan? Nah, cara termudah untuk memastikan reputasi dari sebuah perusahaan web hosting yakni dengan membaca review (ulasan) dari pembeli.

Jika memungkinkan, gali lebih dalam mengenai pengalaman beberapa customer perusahaan tersebut di masa lampau. Juga, baca testimoni yang ditinggalkan. Dengan begitu, Anda dapat membedakan hosting provider yang benar-benar bagus dari hosting provider sembarangan.

Beberapa contoh hosting terbaik dengan review memuaskan antara lain:

Zyro.com – Adalah website builder yang dirancang khusus untuk pemula dengan nol pengetahuan terkait coding dan web design. Selain menyediakan layanan untuk membuat website, Zyro.com juga menawarkan paket hosting, domain, dan tools berguna lainnya. Hingga kini, lebih dari 150.000 pelanggan mengaku puas dengan kinerja Zyro.com.

Bluehost – Merupakan hosting provider yang sepenuhnya berbasis pada WordPress. Meski punya pamor mendunia, sayangnya fiturnya terbatas pada penyediaan web hosting semata. Customer perlu membuat website secara mandiri sebelum menggunakan layanan platform ini.

Hostinger – Ialah penyedia hosting dan domain yang berkantor pusat di Kaunas, Lituania. Didirikan sejak tahun 2004, Hostinger menawarkan berbagai macam paket hosting dan domain dengan pilihan harga yang bervariasi. Namun, customer perlu mendirikan website secara mandiri terlebih dahulu sebelum membeli hosting atau domain lewat Hostinger.

2. Dukungan terhadap Konsumen

Apabila masalah muncul sewaktu-waktu dengan website Anda, maka Anda akan membutuhkan bantuan teknisi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Hosting provider yang cekatan akan menyediakan dukungan terhadap konsumen (yaitu Anda) secara live setiap saat.

Dan, meskipun banyak yang masih menyukai metode customer support yang bersifat lebih tradisional seperti lewat panggilan telepon dan email, perusahaan hosting saat ini kebanyakan menyediakan layanan chat dengan customer service 24 jam.

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan bantuan dari sang ahli secepat mungkin untuk memastikan website Anda berfungsi secara optimal seperti sedia kala. Di sisi lain, hosting provider yang buruk biasanya menyelesaikan masalah dalam hitungan jam dan sulit untuk dihubungi.

Umumnya, perusahaan hosting terpercaya menghadirkan bentuk customer support sebagai berikut:

Live Chat 24/7 – Dengan fitur ini, Anda dapat mengobrol dengan pihak customer service perusahaan atau teknisi dan mengkomunikasikan kendala yang Anda hadapi secara langsung.

Telepon – Jika Anda lebih menyukai mendengarkan penjelasan lewat audio, perusahaan juga menyediakan fitur panggilan langsung untuk mengatasi keluhan pelanggan.

Email – Kirimkan tangkapan layar dari kendala yang Anda hadapi melalui email dan Anda akan menerima balasan bagaimana cara mengatasinya dalam waktu singkat.

3. Kecepatan Koneksi

Website yang membutuhkan waktu bermenit-menit untuk loading berpotensi membuat pelanggan kabur terbirit-birit. Akibatnya, hal tersebut dapat berdampak buruk pada kelangsungan bisnis Anda. Lantas, bagaimana cara memilih hosting yang tepat?

Jawabannya yakni dengan memilih penyedia web hosting yang memberikan koneksi cepat. Dengan begitu, pengunjung usah berlama-lama menunggu website Anda dimuat. Alhasil, Anda pun dapat menyediakan pengalaman pengguna (user experience) yang positif bagi seluruh pelanggan Anda.

Cara termudah untuk mengetahuinya yaitu dengan memerika apakah website dari hosting provider Anda loading dengan cepat. Jika hasil yang Anda dapati justru sebaliknya, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan.

Selain itu, masih terdapat beberapa manfaat dari loading cepat terhadap bisnis Anda, antara lain:

Mencapai tujuan-tujuan marketing –Sebuah studi di Inggris menunjukkan bahwa 67% pembeli cenderung meninggalkan website dengan waktu loading yang lama. Sementara itu, peningkatan kecepatan loading sebesar satu detik saja dapat meningkatkan conversion rate hingga 20%.

Memperbaiki posisi SEO – Kecepatan loading situs web merupakan salah satu faktor yang digunakan oleh Google untuk menentukan ranking dari semua website dan blog yang ada di jagat Internet. Jika Anda ingin bisnis Anda muncul di halaman pertama pencarian Google, maka Anda tidak boleh mengesampingkan faktor tersebut.

4. Biaya

Efektivitas biaya adalah faktor lainnya yang tidak kalah penting untuk Anda pertimbangkan. Ada baiknya Anda mencari tahu apakah ada biaya tambahan tersembunyi untuk elemen-elemen lain seperti bandwith, upgrade, dan penambahan kapasitas.

Jika perlu, bandingkan harga beberapa paket hosting dari provider yang berbeda untuk menemukan harga terbaik. Memang, saat ini ada banyak penyedia hosting yang menjanjikan hosting murah. Namun, jangan tergiur oleh harga yang terjangkau sampai-sampai Anda menggadaikan faktor lainnya, seperti kecepatan koneksi dan customer support, misalnya.

5. Fleksibilitas

Tips memilih hosting provider terakhir yang Anda harus perhatikan betul-betul yaitu memperhatikan fleksibilitas Anda dalam memilih. Penyedia hosting yang bagus akan memberi Anda beragam opsi untuk melakukan upgrade atau downgrade paket hosting selama diperlukan.

Barangkali, Anda sebaiknya memulai dengan membeli akun shared hosting, kemudian beralihlah ke dedicated server apabila Anda merasa pas dengan pelayanan yang diberikan.

Kabar baiknya, saat ini ada perusahaan penyedia hosting bernama Zyro.com yang membolehkan Anda untuk coba hosting gratis. Dengan fitur hosting gratis ini, Anda tidak perlu membayar sewa hosting per bulan. Tentunya ini akan menghemat pengeluaran Anda, dan Anda dapat mengalihkan biaya tersebut untuk keperluan bisnis lainnya.

Untuk mencoba, Anda pertama-tama harus membuat website dan toko online menggunakan layanan buat website praktis di Zyro.com. Selanjutnya, barulah Anda dapat menikmati penawaran menggiurkan tersebut.

Zyro.com menyediakan web hosting gratis berkualitas terbaik untuk Anda. Jadi, jangan ragu untuk mempercayakan kebutuhan hosting Anda pada Zyro.com.

Kesimpulan

Image source from pixabay.com

Web hosting yang bagus berdampak positif bagi kelangsungan bisnis Anda dalam jangka panjang. Masuk akal jika pelanggan betah berlama-lama di website yang stabil, loading cepat, dan aman ketimbang website dengan performa buruk, bukan?

Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam menentukan penyedia web hosting Anda. Semoga tips memilih hosting provider di atas bermanfaat untuk Anda.

Advertisements
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *