ASUS TUF Gaming A15 Laptop Gaming Mahasiswa Teknik

Halo sob, kali ini mau bagi info ASUS TUF Gaming A15 Laptop Gaming Mahasiswa Teknik Tangguh Kencang. Cari info laptop gaming terbaru ? Cekidot sob….

Review Laptop : ASUS TUF Gaming A15 Laptop Gaming Mahasiswa Teknik Tangguh Kencang

Walaupun pandemi sedang melanda, apapun itu harus tetap berjalan segala rutinitas yang ada dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan. Seperti halnya perkuliahan, dengan model perkuliahan daring. Gimana nih kabarnya mahasiswa Teknik? Sekarang kan nugasnya dirumah aja. Jika situasi normal tentu sering kali wira wiri kampus membawa laptop untuk mengerjakan tugas. Saya pun alumni mahasiswa teknik pernah merasakan setiap hari membawa laptop yang lumayan berat.

Perlu sobat ketahui dalam perkuliahan teknik, sering sekali menggunakan software yang membantu untuk pengerjaan tugas sehari – sehari. Salah satunya software popular bernama AutoCAD untuk gambar 2D dan ada juga SolidWork untuk 3D hingga masih banyak lagi software yang sobat mahasiswa teknik kenal.

Berbagai tugas berat yang dikerjakan menggunakan software tersebut membutuhkan spesifikasi yang maha dahsyat. Untuk itu perlu memiliki laptop dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan. Umumnya laptop seperti ini berat dan mahal, kalaupun tabungan tidak memenuhi ya bersabar dengan laptop dengan spek yang kentang, sehingga cukup menyiksa laptop itu sendiri.

Dalam apapun termasuk belajar , harus berusaha keras dan maksimal karena hasil yang didapat dari usaha yang maksimal itu tidak akan menghianati. Laptop yang satu ini sangat membantu sobat belajar dalam perkuliahan teknik yang luar biasa dan membuat sobat tetap senang.

ASUS TUF Gaming A15 ini pantas menjadi laptop gaming mahasiswa teknik yang tangguh dan kencang, sanggup menemani hari mu dalam mengerjakan tugas berat dan membuat sobat senang penuh semangat dengan main game favorit lancar jaya.

Haruskah ASUS TUF Gaming A15 ?

Kenapa bisa gitu ? Jadi begini sob, ASUS TUF Gaming A15 telah menggunakan teknologi terkini dan dapat mendukung aktivitas sehari – hari mulai dari…

Kombinasi dapur pacu kencang berkat AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processors

ASUS TUF Gaming A15 sudah ditenagai oleh AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processors ( 12M Cache, speed up to 4.2GHz ) yang diproduksi menggunakan metode fabrikasi 7nm dengan Arsitektur “Zen 2” terbaru menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Bayangkan sob, Konfigurasi 8 core dan 16 thread ini sangat banyak dengan kecetapan up to yang kencang sehingga sangat cocok diajak melahap pekerjaan berat menggunakan software seperti AutoCAD untuk gambar 2D dan ada juga SolidWork untuk 3D.

Skor Benchmark :

Oh iya, masih dikombinasikan dengan dengan memori 8GB DDR4 3200MHz RAM plus storage 512GB M.2 NVMe PCIe SSD sehingga load time yang lebih cepat ini sanggup untuk multitasking dan mengerjakan berbagai tugas berat sehari – hari. Masih kurang storage nya ? Ada tambahan slot M.2 jadi sobat bisa upgrade storage dan menyimpan lebih banyak data. Jangan lupa dukungan up to 32GB dual channel untuk DDR4 3200MHz RAM.

Benchmark SSD berbasis NVM Express:

Grafis mumpuni berkat NVIDIA® GeForce® RTX Series

Jangan lupa untuk urusan grafis ASUS TUF Gaming A15 sudah ditenagai NVIDIA® GeForce® RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM yang menggunakan arsitektur Turing terkini performa grafis lebih mumpuni namun dengan harga yang tetap terjangkau. NVIDIA® GeForce® RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM dalam ASUS TUF Gaming A15 telah dilengkapi dengan CUDA core membuatnya sangat optimal untuk video encoding dan rendering.

Layar lega dengan teknologi terkini

Mengerjakan berbagai tugas berat dan gaming dengan layar besar 15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), dengan refresh rate 144Hz 3ms yang mendukung adaptive sync untuk mereduksi lag, meminimalisir stuttering dan menghilangkan visual tearing untuk kenyamaan saat bermain game favorit.

Tampilan layar bisa lebih lega, dan membuat bezel layar lebih tipis juga membuat ukuran bodi secara keseluruhan menjadi lebih ringkas berkat fitur NanoEdge bezel. Layar lega tersebut masih memuat webcam yang diposisikan khusus untuk keperluan game streaming dan video conference.

Kapasitas baterai 48Wh dalam bodi yang lebih portabel

Kombinasi spesifikasi maha dahsyat itu diperkuat dengan baterai berkapasitas hingga 48Wh untuk masa aktif ASUS TUF Gaming A15 dalam bekerja yang lebih lama dalam chassis yang lebih kecil dan portabel dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dalam pengujian yang dilakukan, baterai tersebut sanggup bertahan hingga 5 jam lebih pada pengujian PCMark 10 Battery untuk Modern Office.

Pilihan desain lebih ganteng

Oh iya sobat bisa memilih ASUS TUF Gaming A15 dengan warna Fortress Gray itu desain dengan pelat metal di bagian belakang layar yang dihadirkan secara khusus sehingga memiliki tekstur yang lekat dengan warna abu-abu. Pada pelat metal tersebut juga terdapat empat sekrup yang menegaskan ketangguhan serta logo TUG Gaming di bagian tengahnya.

Atau memilih warna Bonfire Black untuk sobat yang ingin desain yang lebih agresif. Di bagian belakang layarnya terdapat desain trapezoidal cut yang berpusat pada bagian logo TUF Gaming di tengahnya. Bagian belakang layar tersebut hadir dengan brushed finish, sementara bagian sisinya menggunakan desain mesh pattern sehingga mudah untuk digenggam. Bagian sisi TUF Gaming Bonfire Black terbaru juga memiliki tampilan garis merah yang menegaskan bahwa laptop ini sangat powerful.

Sobat juga bisa memenukan desain struktur honeycomb pattern yang menambah daya cengram pada permuakan dan selaras dengan pola hexagon di sekeliling chassis. Dengan guratan garis di sekitar area palm rest membuatnya tampak ramping dan bersih.

Tangguh standar militer MIL-STD-810H

Semakin istimewa ASUS TUF Gaming A15 sudah mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer MIL-STD-810H dan telah lolos berbagai pengujian ekstrem seperti uji getaran, uji jatuh, dan uji ketahanan pada suhu serta kelembapan ekstrem.

Teknologi Terkini Bikin Lebih Adem

ASUS TUF Gaming A15 memiliki desain struktur honeycomb pattern pada bagian bawah chassis-nya yang memungkinkan aliran udara lebih baik untuk keseluruhan sistem pendinginan. Selain itu juga fitur anti-dust cooling ada dalam di ASUS TUF Gaming A15 membuat debu dan kotoran yang dapat menyumbat heatsink di sistem pendingin dikeluarkan secara otomatis, dan juga meningkatkan durabilitas hardware dalam jangka panjang serta memastikan performa tertap terjaga melalui pendinginan yang lebih optimal.

Terdapat serangkaian heatpipe dan tiga buah heatsink bertugas untuk menarik panas jauh-jauh dari komponen utama dan melepaskannya secara cepat terutama saat sedang dalam sesi gaming yang intens.

Desain kipas ASUS TUF Gaming A15 yang punya fitur self-cleaning memastikan bahwa setiap perangkat bisa tetap mampu digunakan untuk jangka panjang. Di sisi lain, pilihan mode operasi akan mengimbangi tingkat kebisingan dengan tingkat temperatur sistem, tergantung tugas apa yang sedang dibebankan pengguna pada laptop ini.

Keyboard yang Nyaman dan Andal

ASUS TUF Gaming A15 dilengkapi keyboard dengan tombol-tombol penting seperti WASD dan spasi yang mudah diakses sobat ketika bermain game. Selain itu sudah didukung Overstroke Technology yang membuat setiap tombol di keyboard dengan Backlight RGB menjadi lebih responsif, juga memastikan tombol memiliki durabilitas tinggi dan tahan hingga 20 juta kali tekan. Sobat bisa merasakan keyboard yang nyaman dan andal dalam bermain game ataupun pekerjaan lain sehari sehari.

Konektivitas komplit, gampang di upgrade

Mulai dari sebelah kiri laptop, tersedua dua buah port USB 3.2 Type-A dan satu buah port USB 3.2 Gen 2 Type-C. Port yang ini mendukung monitor G-Sync lewat fitur ddukungan DisplayPort 1.4. Ada pula port HDMI 2.0b yang memungkinkan Anda memasang proyektor, monitor tambahan ataupun TV layar lebar. Ada juga port audio jack 3.5mm, semua ada di sebelah kiri, tersisa ada satu lagi port USB di sebelah kanan sehingga sobat lebih nyaman ketika menggunakan mouse. Port untuk urusan kabel sudah komplit lanjut untuk urusan nirkabel ada Wifi 802.11ac (2×2) untuk koneksi jaringan yang cepat dan juga ada fitur Bluetooth.

Audio lebih mantap

Untuk pengalaman audio yang lebih mantap terdapat dua buah speaker yang sudah upgrade dengan Teknologi DTS:X Ultra yang kini tersedia memnghadirkan high-fidelity 7.1 channel virtual surround sound untuk audio yang hebat.

Sobat juga bisa menikmati 8 buah preset audio, mulai dari music, movie dan genre-genre gaming untuk mengoptimalkan pengalaman audio yang menyenangkan dalam bermain game. Tersedia pula built-in equalizer untuk kustomisasi audio lebih leluasa sesuka hati.

Setting sesuka hati sesuai kebutuhan

ASUS TUF Gaming A15 menawarkan mode operasional yang beragam, sehingga setting sesuka hati sesuai kebutuhan dengan 3 mode mulai dari mode Windows yang akan mengikuti setting default sistem operasi. Opsi Silent untuk performa maksimal namun pada tingkat kebisingan kipas di bawah 35dB. Pada mode ini, performa laptop masih cukup baik untuk beban kerja ataupun multimedia ringan.

Pada mode Performance, laptop meanwarkan keseimbangan antara kinerja dan temperatur dengan tingkat kebisingan yang masih rasional, yakni di bawah 40dB. Mode ini cocok untuk gaming di berbagai skenario, dan dipilih oleh ASUS sebagai mode standar laptop ini.

Di mode Turbo, pengguna akan menikmati performa tertinggi dari laptop ini, tanpa ada hambatan apapun dari sisi setting. Adapun opsi Manual memungkinkan pengguna untuk mengatur setting performa dan kebisingan kipas sesuai dengan preferensi pribadi.

Bagaimana saat bermain Game ?

Berikut ini performa yang didapat saat menjalankan aplikasi game 3D dengan mode operasi yang berbeda:

Ini dia spesifikasi ASUS TUF Gaming A15 FX506 Series

Main Spec.TUF Gaming A15 FX506
CPUAMD Ryzen™ 7-4800H Processor Octa Core (12M Cache, up to 4.2GHz)
Operating SystemWindows 10 64-bit
Memory8GB DDR4 3200MHz RAM
Storage512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), 144Hz 3ms, Adaptive Sync
GraphicsNVIDIA® GeForce® RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM
Input/Output2 x USB 3.2 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.2 Type-C (Gen2) with display support DP1.4, 1 x USB 2.0 Type-A, 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI, 1 x Ethernet port
CameraHD 720p CMOS module camera
ConnectivityWi-Fi 5(802.11ac) 2×2 + Bluetooth 5.0
AudioDTS:X® Ultra
Battery48 Wh lithium-polymer battery Battery
Dimension359.8 x 256 x 22.8 ~24.7 mm (WxDxH)
Weight2,3Kg
ColorsFortress Gray

Sobat juga bisa kepoin ASUS TUF Gaming A15 disini

Kesimpulan

Luar biasa kencang memang AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processors dengan arsitektur CPU Zen 2 tampil dengan performa single thread yang tinggi, dan juga performa multithread yang sangat bertenaga untuk menjalankan software popular seperti AutoCAD untuk tugas sebuah gambar 2D yang komplek dan ada juga SolidWork untuk tugas berat 3D modelling ataupun rendering desain. Yup, oleh karena itu sangat pantas menjadi laptop gaming mahasiswa teknik yang tangguh dan kencang dengan harga yang lebih terjangkau.

Advertisements
, , , , , , , ,

2 thoughts on “ASUS TUF Gaming A15 Laptop Gaming Mahasiswa Teknik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *