Rekomendasi 5 Tempat Wisata Lebaran di Solo Yang Mantap

Halo sob, kali ini mau bagi info Rekomendasi 5 Tempat Wisata Lebaran di Solo Yang Mantap. Nah kepo kan info wisata solo terbaru ? Cekidot sob…

Wisata Solo : Cek 5 Tempat Wisata Lebaran di Solo Yang Mantap

Pulang kampung atau mudik adalah salah satu tradisi yang selalu ada di saat lebaran atau idulfiri. Pulang ke kampung halaman orang tua menjadikan sobat bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar saling memaafkan dan mengucapkan selamat lebaran.

Biasanya, banyak orang yang melakukan mudik ke kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Salah satu kota yang banyak dijadikan destinasi libur lebaran atau mudik adalah Surakarta atau Solo.

Biasanya, Solo menjadi destinasi lebaran karena memang kota tercinta yang bikin kangen untuk kembali pulang. Solo juga dikenal memiliki banyak tempat wisata favorit. Sehingga libur lebaran juga menjadi semakin menarik.

Selain bisa bertemu keluarga, sobat juga bisa berlibur bersama keluarga maupun sahabat sebelum akhirnya kembali ke aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah destinasi wisata favorit di Solo yang wajib sobat dikunjungi saat Lebaran.

Keraton Kasunanan Solo

Istana ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Solo. Bagaimana tidak, bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubowono II di Desa Sala (Solo) tahun 1744. Kawasan ini merupakan pelabuhan di tepi sungai Bengawan Solo.

Saat ini, keraton masih menjadi tempat tinggal dari Raja. Sebagian dari kompleks istana ini diubah fungsikan menjadi museum yang berisikan koleksi peninggalan kerajaan. Bahkan juga berisi hadiah dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan beragam kereta kencana.

Taman Balekambang

Taman Balekambang menjadi wisata favorit di Solo yang sangat mudah di jangkau karena letaknya berada di seputaran pusat kota Solo. Ya, sebut saja dekat dengan Jalan Adi Sucipto , Jalan Slamet Riyadi dan tentunya jalan Ahmad Yani yang berada dibelakang taman ini sob.

Banyak hal yang bisa ditemukan di Taman Balekambang Kota Solo sob seperti halnya pepohonan yang besar nan rindang. Perahu – perahuan , jembatan getek , dan area bermain anak serta tak lupa taman reptil sob.

Pura Mangkunegaran

KGPPA Mangkunegaran II mendirikan Pura Mangkunegaran di tahun 1757. Bangunan yang terletak di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah ini memiliki sentuhan gaya indah tradisional Jawa dan juga arsitektur kokoh Eropa.

Tidak hanya menyaksikan keindahan bangunan ini saja, di sini sobat juga bisa menyaksikan berbagai koleksi benda seni dan bersejarah.

Kampung Batik Kauman

Berada di kawasan Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, di sini sobat bisa menemukan banyak batik solo. Di sepanjang jalan sobat akan menemukan banyak showroom, bahkan ada rumah-rumah yang sedang memproduksi batik. Sehingga sangat dijamin kualitasnya.

Menurut sejarah, kawasan ini dulunya merupakan sentra pembuatan batik untuk keluarga keraton. Batik di kawasan Kauman biasanya akan memiliki warna-warna yang cenderung gelap. Sementara, untuk batik yang berwarna lebih cerah, biasanya akan bisa ditemui di kawasan Batik Laweyan. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh yaitu di kawasan Dr. Radjiman, Laweyan, Solo.

Wisata Kuliner Galabo Solo

Sama seperti kota wisata lainnya di Jawa seperti Yogya, Semarang, Bandung, dan Surabaya, Solo juga memiliki makanan khas yang bisa menggoyang lidah. Untuk menikmatinya, sobat bisa berkunjung ke Galabo Solo yang merupakan kependekan dari Gladak Langen Bogan di Jalan Mayor Sunaryo. Di tempat yang berada di seberang Pusat Grosir Solo ini sobat bisa menemukan beragam makanan khas Solo.

Bahkan, biasanya terdapat juga pertunjukan live music. Hanya saja, tempat ini baru buka pukul 17.00 sampai pukul 24.00. Jadi, sobat bisa menikmati wisata kuliner setelah berbelanja. Tidak perlu jauh-jauh, sobat bisa berbelanja di Pusat Grosir Solo yang berada tepat di depan lokasi Galabo Solo.

Advertisements
, , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *