Jajan Enak Es Puter Khas Solo Depan Pura Mangkunegaran

Halo sob, kali ini mau bagi info Jajan Enak Es Puter Khas Solo Depan Pura Mangkunegaran. Nah kepo kan ? Cekidot sob…

Info Kuliner Solo : Jajan Enak Es Puter Khas Solo Depan Pura Mangkunegaran

Semakin lengkap liburan di Kota Solo, wajib rasanya sobat untuk jelajah kuliner Solo dengan citarasa khas bikin kangen. Kota Solo memiliki berbagai macam kuliner tradisional yang sangat khas mulai dari makanan berat, makanan ringan hingga makanan pencuci mulut. Jujur saja sob, semua orang tentu suka banget yang namanya Es Krim. Makanan pencuci mulut ini benar – benar menjadi primadona dan sangat dekat sekali dengan sobat semua. Es Puter ini menjadi es krim tradisional yang legendaris dan disukai banyak orang.

Es Puter ini adalah kuliner Indonesia kebanggaan, karena kuliner Solo berupa es krim tradisional yang masih terus eksis sampai saat ini. Es Krim Tradisional yang bernama es puter telah dikenal lama masyarakat sejak dahulu, ternyata Es Puter juga sering disebut es dung-dung atau es tung-tung atau es ting – ting. Dikenal begitu karena ada penjual Es Puter yang menjajakan es krim khas Solo ini dengan cara membunyikan benda seperti Gong kecil dari kuningan, Lonceng, maupun gelas unik sehingga menghasilkan bunyi seperti dung – dung, tung – tung atau ting ting.

Keunikan Es Puter Khas Solo ini juga terlihat dari gerobak khas yang dilengkapi dengan gelas yang disusun unik. Gelasnya pun juga unik gelas kaca pendek lengkap dengan leher gelas pendek dan dudukannya namun serasa bergaya vintage karena dari dulu ya begitu terus bentuknya.

Menariknya Es puter itu jenis Es Krim Tradisional khas Indonesia yang berbahan dasar santan. Keunikan nama Es Puter ini karena dari salah satu rangkaian proses pembuatannya dengan cara diputar putar. Yupp betul sekali sob, dengan memutar-mutar tempat penyimpanan es krim agar tidak meleleh . Es krim yang khas ini dari bahan – bahan yang sederhana, mulai dari santan, tepung kanji, air gula pasir, pandan, garam, vanili dan kelapa muda. 

Es Puter memiliki citarasa manis dan gurih bikin ketagihan. Kenikmatan citarasa es puter yang masih terjaga sampai saat ini sehingga sobat bisa menikmat es puter yang gurih dengan perpaduan tape ketan, mutiara, dan kelapa muda yang semakin membuat sobat ketagihan. Kebetulan kemarin jalan – jalan sore di Depan Pura Mangkunegaran, dekatnya SMP N 10 Surakarta banyak yang jual es puter langsung saja beli kan asyik banget buat pelengkap teman ngobrol sama sahabat.

Advertisements
, , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *