Wisata Solo : Keliling Sekitar Mangkunegaran Bersama Soerakarta Walking Tour

Halo sob, kali ini saya mau bagi info Wisata Solo yaitu Keliling Sekitar Mangkunegaran Bersama Soerakarta Walking Tour. Nah kepo kan ? Cekidot yuk…

Info Kota Solo : Keliling Sekitar Mangkunegaran Bersama Soerakarta Walking Tour

Sabtu, 16 Februari 2019 lalu saya bersama teman blogger ikut jalan jalan bersama teman – teman dari Soerakarta Walking Tour untuk Keliling Sekitar Mangkunegaran. Menarik dan asik banget sob, kapan lagi bisa olahraga sambil belajar sejarah. Jalan kaki yang lumayan jauh tetapi menyenangkan.

Soerakarta Walking Tour selalu mengajak kita berkeliling berbagai tempat bersejarah di Kota Solo yang menarik untuk diceritakan. Salah satunya keliling sambil bercerita sekitar Mangkunegaran Kota Solo.

Hari itu jalan – jalan dimulai jam 09.00, titik awal depan Pasar Antik Triwindu. Walaupun sudah diceritain terkadang saya masih suka lupa, tetapi saya senang banget bisa jalan – jalan bersama banyak teman di akhir pekan memanfaatkan waktu untuk keliling sambil belajar. Banyak banget spot bersejarah yang dilewati ini.

Bercerita seputar pasar triwindu, menurut sejarah, pasar ini sudah ada sejak 1939 yang mana keberadaan pasar ini pertama kali digagas untuk memeriahkan acara naik tahta Adipati Sri Mangkunegara VII yang 24 atau dalam istilah Jawa ke tiga windu atau tri windu. Windu adalah sebutan penanggalan Jawa untuk 8 tahun. Sementara Tri adalah 3. Jadi, 3 kali 8 tahun.

Lanjut berjalan lagi bercerita tentang satu kompleks SMPN 3, 5 dan 10 dahulunya adalah sekolah putri yang didirikan Sri Mangkunegara VII.

Bercerita tentang Pamedan dan Kavaleri. Halaman luas yang berada di area depan Pura Mangkunegaran. Ada bangunan berwarna putih megah sisi timur yang ada tulisan kavaleri ini dulu difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan kuda perang, gudang senjata, dan juga sebagai tempat tinggal pasukan Legiun Mangkunegaran.

Bercerita tentang nDalem Panti Putra, jadi gini sob dulunya untuk tempat tinggal putra mahkota ketika mereka berusia 7-18 tahun. 

Bercerita tentang nDalem Prangwedanan adalah tempat tinggal putra mahkota ketika berusia di atas 18 tahun.

Bercerita tentang taman yang berada di pojok utara Pura Mangkunegaran

Bercerita tentang Masjid Al-Wustho Mangkunegaran

Bercerita tentang Aula PGRI dan Tugu PGRI

Pokoknya manteb dan banyak banget sob, pengen tau selengkapnya kan.. Monggo next ikutan lagi

Advertisements
, , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *