Road To Mangkunegaran Jazz Festival

Halo sob, kali ini saya mau bagi info Road To Mangkunegaran Jazz Festival. Nah kepo kan? Cekidot sob…

Info Event Solo : Road To Mangkunegaran Jazz Festival

Seperti sobat ketahui Solo telah dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa. Menurut sejarah, Solo merupakan salah satu tempat berkembangnya tradisi budaya Jawa. Hal ini mendorong berkembangnya berbagai literatur berbahasa Jawa, tarian, seni boga, busana, arsitektur, dan bermacam-macam ekspresi budaya lainnya. Nah dalam tersebut Puro Mangkunegaran ingin memberikan sebuah persembahan kepada sobat semua khususnya masyarakat Solo dan sekitarnya untuk berkumpul melalui kebudayaan. Harapannya ingin setiap momen melahirkan rasa yang memudarkan garis-garis batas di antara manusia; terlepas dari usia, keyakinan dan kemampuan ekonomi yang selama ini terkadang menjadi tembok di antara masyarakat.

Inilah Road To Mangkunegaran Jazz Festival yang berlangsung di KAVALLERIE – ARTILLERIE Lapangan Pamedan Puro Mangkunegaran Solo pada 24 NOVEMBER 2018 hingga 25 NOVEMBER 2018 mendatang.  Road To Mangkunegaran Jazz Festival ini sebuah pesta rakyat yang merupakan rangkaian dari acara “Mangkunegaran Jazz Festival 2019” dengan tema “BERSAMA DALAM BUDAYA”. Selain itu Mangkunegaran Jazz Festival 2019 akan menjadi Festival Musik Jazz Pertama Yang Di Selenggarkan Oleh Kerajaan Jawa.

Kavalerrie yang dibangun pada tahun 1874 semasa pemerintahan Kanjeng Gusti Adipati Arya Mangkoenagoro IV berada di pusat kota Solo. Gedung ini merupakan bangunan bersejarah yang dulunya digunakan sebagai tangsi legiun Mangkunegaran, sedangkan Pamedan digunakan sebagai tempat latihan prajurit Kadipaten Mangkunegaran atau sebagai pusat kegiatan legiun Mangkunegaran. Tempat inilah yang akan menjadi saksi kemeriahan acara Road To Mangkunegaran Jazz Festival pada 24-25 November 2018 mendatang.

Road to Mangkunegaran Jazz Festival bakal dimeriahkan oleh Marcell Siahaan, Deredia, Tashoora, dan MLD Jazz Project Season I sebagai bintang utama. Selain itu juga bakal semakin meriah dengan penampilan Meltic, Javafive, Smara Tantra, Warisan Jams, Pilipe Solo Jazz Activity, dan Aditya Ong Trio ft Alfando. Dalam Road to Mangkunegaran Jazz Festival ada penampilan spesial dari Kemantren Langen Projo, yaitu para penari Pura Mangkunegaran, serta Adicipta Paundrakarna karya G.P.H Paundrakarna J.S.

Road To Mangkunegaran Jazz Festival ini dapat sobat nikmati secara GRATIS. Road To Mangkunegaran Jazz Festival hadir sebagai sarana hiburan untuk sobat semua dalam suasana yang baru, acara ini bakal merepresentasikan Solo dari beragam sudut kebudayaan, ekonomi kreatif, serta komunitas-komunitas lokal yang setiap harinya menghidupi kota Solo itu sendiri.

Perlu sobat ketahui Maskot Adipati Karna sebagai Ikon “Mangkunegaran Jazz Festival”. Hal ini karena tokoh Adipati Karna menempati peran khusus dalam ideologi Puro Mangkunegaran, yang mewujud pada karya-karya seni dan budaya. Misalnya Serat Tripama menempatkan sosok Karna sebagai suri tauladan bersama Kumbakarna dan Raden Sumantri (Patih Suwanda).

Acara Acara Road To Mangkunegaran Jazz Festival rencananya akan secara khusus dibuka oleh SRI PADUKA MANGKOENAGORO IX. Acara Road To Mangkunegaran Jazz Festival sebuah pertunjukkan musik serta seni khas Mangkunegaran yang menggambarkan akulturasi budaya modern dan tradisional. Serta sarana untuk mengadakan kegiatan amal untuk korban bencana alam gempa dan tsunami. Juga Do’a bersama oleh Semua Pemua Agama untuk Keutuhan NKRI.

Advertisements
, , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *