Yuk Dolan Wisata Sekaten 2018 di Kota Solo

Halo sob, kali ini mau bagi info Yuk Dolan Wisata Sekaten 2018 di Kota Solo. Nah kepo kan ? Cekidot yukk…

Wisata Solo : Kemeriahan Sekaten Solo 2018

Hore Sekaten lagi, dolan wisata menyenangkan murah meriah sambil melestarikan tradisi budaya yang luar biasa keren. Rasanya waktu berlalu begitu cepat, tetiba alunan Gendhing Rambu dan Rangkung mulai menyapa sobat semua yang berkunjung dan berwisata ke Masjid Agung Surakarta.

Nah dengan mulainya tabuhan gamelan ini menjadi penanda dimulainya prosesi sekaten. Tabuhan gamelan ini dikenal dengan prosesi ungeling gangsa. Perlu sobat ketahui dua pasang gamelan ini yaitu Kiai Guntur Sari dan Kiai Guntur Madu berada di Bangsal Pradangga dan Bangsal Pragangga.

 

Saat dimulainya tabuhan gamelan ini terlihat masyarakat sangat bersemangat berebut janur yang telah dipasang mengelilingi bangsal. Selain itu juga dalam prosesi sekaten juga ada prosesi mengunyah kinang . Nah ini merupakan ‘ritual wajib’ saat ditabuhnya gamelan pertama kali.

Perlu sobat ketahui sekaten merupakan tradisi sejak zaman Kerajaan Demak. Oh iya sekaten merupakan cara para wali menyiarkan agama Islam. Jadi begini gaes Sekaten itu dari kata syahadatain. Dahulu orang yang mau melihat gamelan harus membaca syahadat dahulu.

Ingat ya sob, Gamelan ini dibunyikan selama tujuh hari berturut-turut. Gamelan sekaten ini hanya berhenti saat waktu salat dan hari Jumat. Selain itu puncak dari prosesi sekaten akan digelar Selasa, 20 November 2018 atau 12 Rabiul Awal saat peringatan Maulid Nabi Muhammad. Hampir lupa Keraton Surkarta mengeluarkan gunungan untuk dibagikan kepada masyarakat.

Jadi sobat yang ingin melihat Ungeling Gamelan Sekaten menikmati alunan Gendhing Rambu dan Rangkung khas Kiai Guntur Madu & Kiai Guntur Sari mulai dari 13 November hingga 20 November 2018 di Bangsal Pradangga dan Bangsal Pragangga.

Nah sobat yang menanti Gunungan Grebeg Mulud yang dikenal dengan Gunungan Sekaten, sobat langsung aja tepat 20 November 2018 pukul 10.00 WIB di Keraton Surakarta Hadiningrat sampai Masjid Agung Surakarta.

Sobat yang ingin berbelanja aneka produk khas sekaten , menikmati kuliner tradisional khas Sekaten tersedia di Pasar Rakyat yang berada di kawasan Alun-Alun Utara keraton Surakarta Hadiningrat hingga Masjid Agung Surakarta.

Sobat bisa berbelanja mainan tradisional seperti kapal othok – othok, kodok kodokan , celengan , pasaran , pecut, gasingan hingga masih banyak lagi.

Kuliner khas sekaten ada telur asin dan nasi liwet di halaman Masjid Agung Surakarta.

Semakin meriah sobat langsung menikmati dolan wisata Semarak Pasar Rakyat Sekatenan, kemeriahan pasar rakyat yang dilengkapi Wahana Permainan khas Pasar Malam yang berada di Alun-Alun Kidul Keraton Surakarta mulai dari 9 November hingga 9 Desember 2018 mendatang.

Langsung saja dolan Wisata Sekaten Solo , Sekaten 2018 manteb banget…

Advertisements
, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *