Inilah Desain New Yogyakarta International Airport Terbaru

Halo sob, kali ini saya mau bagi info proyek Inilah Desain New Yogyakarta International Airport alias dikenal dengan Bandara Internasional Baru Yogyakarta. Nah kepo kan ? Cekidot sob….

Info Proyek : Desain New Yogyakarta International Airport Terbaru

Proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta terus berjalan. Proyek ini dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) selaku kontraktor pelaksana proyek.

Mumpung masih segar sob, mau bagi info Desain New Yogyakarta International Airport. Yuk kita mulai sob…

Desain New Yogyakarta International Airport Terbaru

Bandara Internasional Baru Yogyakarta atau dikenal dengan New Yogyakarta International Airport berada di lokasi strategis pinggir pantai yaitu dengan alamat Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Bandara Internasional Baru Yogyakarta memiliki luas 587 Hektar. New Yogyakarta International Airport dirancang memiliki kapasitas dengan jumlah 25juta penumpang per tahun.

Bandara Internasional Baru Yogyakarta dapat diakses mudah karena membuat akses masuk sendiri dari jalan nasional. Selain itu pada pintu masuk Bandara Internasional Baru Yogyakarta tersedia mulai dari 8 jalur mobil, 2 jalur motor, 2 jalur bus dan pada pintu keluar tersedia 11 jalur mobil, 3 jalur motor dan 3 jalur bus.

Dilengkapi infrastruktur flyover untuk menuju area drop off keberangkatan dengan panjang flyover dari pintu masuk hingga ke terminal yaitu 1,042km.

 

New Yogyakarta International Airport dilengkapi dengan stasiun kereta bandara yang memiliki luas 11.737,53m2. Ada juga masjid dengan luas 662,15m2. Selain itu ada Gedung Parkir dengan luas 161.562,33m2.

Di area drop off yang berada di lantai keberangkatan didesain luas dan melayani 6 jalur kendaraan untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Penumpang yang menggunakan jasa transportasi kereta api disediakan Stasiun pemberhentian dengan 3 jalur. Stasiun kereta bandara yang berada di New Yogyakarta International Airport ini terletak di lantai 2. Luas stasiun kereta bandara ini seluas 11.737,53m2.

Tenang, bagi yang membawa kendaraan pribadi. New Yogyakarta International Airport didesain telah dilengkapi Gedung Parkir. Nah memiliki fasilitas Gedung Parkir seluas 161.562,33m2 dengan kapasistas 1872 mobil.

Dari bangunan parkir langsung masuk ke bangunan penghubung. Berada selevel dengan lantai mezzanine. Dari bangunan penghubung masuk ke bangunan utama terminal di lantai mezzanine. Terdapat 4 eskalator dan 8 lift penumpang. Kemudian ke lantai keberangkatan.

Penumpang yang berangkat dari flyover menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, masuk ke terminal melalui lantai keberangkatan. Di lantai ini memiliki 4 eskalator dan 8 lift penumpang. Selain itu ada domestic gate dan international gate yang masing masing memiliki security check point.

Dari pintu keberangkatan masuk ke area check in counter. Nah area check in counter punya 5 island dengan masing – masing island berkapasitas 32 check in counter. Selain itu disediakan self check in ada 4 island dengan masing – masing island berkapasitas 10 check in counter. Tersedia rest area punya 4 island dengan masing – masing island berkapasitas 32 check in counter. Lantai ini juga ada beberapa store tenant , food tenant.

Dari area check in counter tersedia area imigrasi untuk penerbangan internasional, melewati security check point kedua, untuk keberangkatan internasional terdapat 3 titik security check point kedua. Setelah security check point kedua, melewati rest area lalu area komersial yang berisi berbagai tenant menuju area boarding lounge.

Boarding lounge area memiliki 21 gate keberangkatan dengan fasilitas ruang tunggu disetiap gate nya. Terdapat 21 titik area ruang tunggu dan disediakan 10 travelator pada gate keberangkatan penumpang masuk melewati pemeriksaan tiket setelah itu turun ke lantai mezzanine , melalui eskalator, dilanjutkan ke arah garabata via jembatan penghubung untuk menuju pesawat.

 

New Yogyakarta International Airport memiliki runway dengan panjang 3,25km, taxiway dengan panjang 1,6km dan luas apron 159.140m2.

Kedatangan penumpang dimulai dari pesawat masuk ke garbarata kemudian melewati jembatan penghubung dilanjutkan ke arah lantai mezzanine melewati koridor kedatangan, terdapat beberapa travelator yang panjang, tampil dengan gaya interior sentuhan kearifan lokal ,

Untuk penumpang internasional diwajibkan masuk ke visa on arrival counter, untuk pengecekan visa dan kelengkapan dokumen lain maupun keperluan imigrasi.

Bagi penumpang yang membawa bagasi, turun ke lantai dasar menuju baggage claim area, setelah itu keluar menuju area kedatangan di lantai dasar pada lantai dasar ini terdapat area taman sari beserta kolam didalamnya.

Pada area taman sari ini terhubung dengan area lantai mezzanine dan keberangkatan melalui lift penumpang maupun eskalator. Terdapat 4 eskalator dan 8 lift penumpang dilantai dasar terdapat lawang papat gate.

Gimana sob?

 

Notice!!!! All Imgae Credit to PP KSO From To2k Network Youtube Channel

https://www.youtube.com/watch?v=EfEjQIKwBv4&t=11s 

Advertisements
, , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *