Seru Banget Wisata Rumah Atsiri Tawangmangu Karanganyar

Halo sob, kali ini saya mau bagi info Seru Banget Wisata Rumah Atsiri Tawangmangu Karanganyar. Wisata Edukasi Pabrik Citronella. Nah kepo kan ? Langsung yuk cekidot…

Wisata Karanganyar : Wisata Rumah Atsiri Indonesia

Kabupaten Karanganyar yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah ini secara geografis berada di lereng Gunung Lawu memiliki banyak banget destinasi wisata yang seru banget dan sangat menyenangkan untuk dicoba. Mulai dari wisata alam , wisata sejarah , wisata edukasi dan lain – lain.

Serunya berwisata di Karanganyar itu wisata dengan suasana yang mantap , udara sejuk sambil menikmati keramahan Karanganyar. Wisata Karanganyar ada banyak banget. Nah salah satu wilayah Karanganyar yang terkenal wisatanya ialah Tawangmangu.

Seperti sobat ketahui wisata Karanganyar aja banyak banget, tentu wisata yang berada di Tawangmangu , tepat lereng Gunung Lawu juga sangat beragam sob. Mulai dari Air Terjun Grojogan Sewu , Taman Balekambang Tawangmangu dan iniloh sob Rumah Atsiri Indonesia atau dikenal dengan Rumah Atsiri, wisata baru yang berada di Plumbon, Tawangmangu.

Wisata Rumah Atsiri Indonesia

Sebelum cerita lebih jauh lagi seputar Wisata Rumah Atsiri Indonesia. Update kali ini merupakan bagian dari berbagi cerita pengalaman berwisata di Rumah Atsiri Indonesia. Seneng banget kemarin bisa mengunjungi Rumah Atsiri bersama teman teman KOMPOSONO berkeliling ria, berfotoria dan workshop yang menyenangkan. KOMPOSONO itu Komunitas Kompasiana Solo. Belajar bersama dan mengenal lebih dekat potensi lokal Indonesia, kejayaan atsiri melalui experience essense. Rumah Atsiri ini keren banget, wisata edukasi yang menyenangkan.

Cerita Sejarah Rumah Atsiri Indonesia

Biar mengenal lebih dekat, sedikit cerita seputar sejarahnya sob. Jadi ceritanya begini bangunan yang sekarang dimanfaatkan sebagai Rumah Atsiri Indonesia sebuah wisata edukasi yang komplit berupa Museum Atsiri banyak lagi ini dahulunya merupakan salah satu bagian kompleks pabrik pengolahan minyak atsiri.

Perlu sobat ketahui, pabrik ini dibangun atas dasar kerjasama pemerintah Indonesia dan Bulgaria. Nah proyek pengerjaan bangunan pabrik ini dimulai tahun 1963 dan selesai pada tahun 1967. Langsung deh ngreyen dulu, ternyata berhasil melakukan tes uji coba produksi dengan pengawasan langsung dari tenaga ahli Bulgaria.

Bangunan yang dikenal pabrik citronella ini didesain menggunakan bahan dan material yang dibuat langsung dari Bulgaria khususnya pada bagian peralatan distilasi, ekstrasi, laboratorium dan tenaga listrik.

Waktu itu sob, rencananya pabrik ini bakal mengolah bahan baku utama serai wangi yang disebut Citronella itu berpotensi untuk tumbuh subur di Plumbon Tawangmangu Karanganyar. Si Pabrik Citronella dengan menggunakan Sistem distilasi dan ekstraksi. Saat itu untuk kedepan, Harapannya dapat mengembangkan pengojahan jenis tanaman lainnya yang tumbuh dengan cepat dan berumur panjang.

Terus sob, masa itu kapasitas produksi pabrik ini mencapai 50 ton selama mesin beroperasi 24 jam. Bagian distilasi memiliki sembilan ketel / bejana pengolahan dengan kapasitas masing masing 5 m3. Untuk bagian ekstraksi memiliki dua unit dan masing-masing memiliki dua ektraktor dengan kapasitas 250 L.

Masih belum selesai sob ceritanya, namun saat ini pada kompleks pabrik hanya tersisa dua unit bangunan bata bekas tempat boiler yang masih dilestarikan keberadaanya pada bagian tengah gedung museum. Boiler tersebut berkapasitas 5000 KG/jam yang berfungsi mengalirkan uap ke distilasi dan ekstraksi. Benda benda bersejarah lainnya yang tersisa yaitu alat pencacah, separator, alat distilasi berkapasitas kecil, peralatan kantor, dokumen, blue print dan peralatan laboratorium.

Rumah Atsiri Indonesia : Wisata Edukasi Pabrik Citronella

Setelah mengalami perjalanan historis yang panjang, sekarang kawasan pabrik citronella berada di bawah kepemilikan Rumah Atsiri Indonesia. Bangunan-bangunan yang tersisa dilestarikan, dìmanfaatkan dan dikembangkan untuk mengangkat kembali kejayaan dan potensi kelokalan Indonesia dalam bidang atsiri dengan konsep experience essense diangkat menjadi salah satu tujuan pengembangan kompleks pabrik citronella ini menjadi destinasi wisata yang memberikan pengalaman yang lengkap mengenai minyak atsiri.

Rumah Atsiri Indonesia : Kawasan Terpadu Wisata Edukasi Pabrik Citronella

Revitalisasi pabrik citronella ini berlangsung secara bertahap sob. Saat ini ( 6 Oktober 2018 ) yang sudah jadi dan dibuka untuk umum area Cafe & Resto , MariGold Plaza berupa taman penuh keindahan bunga marigold yang bermekaran, dan area Citronella Science Lab.

Rumah Atsiri Indonesia, menurut saya merupakan Kawasan Terpadu Wisata Edukasi Pabrik Citronella yang komplit dan sangat menarik. Terlihat dari siteplan kawasan Rumah Atsiri Indonesia yang menunjukan banyak area dan ruangan wajib untuk di jelajahi.

Berdasarkan siteplan kawasan Rumah Atsiri Indonesia terdiri dari Green House, Kebun Koleksi Atsiri, SPA dan Refleksi, Ruang produksi skala Lab, Laboratorium, Science Lab, Workshop, Cafe and Resto, Museum Gallery, Marigold Plaza, Amphitheater, Lobby di Lantai 2, Souvernir Shop di Lantai 2, Perfumery Class and Essense Shop di Lantai 2, dan Hotel and MICE. Rumah Atsiri Indonesia diatas lahan dengan luas 23.660 meter persegi. Komplit banget kan sob ?

Desain Rumah Atsiri : Tampil Gaya Industrial Yang Lembut dan Kekinian Instagramable

Menurut saya revitalisasi pabrik citronella menjadi Rumah Atsiri ini mempertahankan dan melestarikan bangunan asli masa lalu dengan apik. Perpaduan bangunan masa lalu dengan penambahan bangunan baru terlihat pas dan menarik. Menerapkan gaya industrial menyesuaikan kondisi eksisting bangunan sebagai bekas pabrik citronella yang merupakan proyek mercusuar di masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Gaya industrial yang diterapkan berhasil tampil lembut dan kekinian nan instagramable. Instagramable dengan nuansa nyaman yang begitu kuat sangat disukai banyak orang saat ini khususnya sobat kawula muda.

Untungnya gaya industrial eksisting bangunan masa lalu tampil simple dengan menerapkan banyak bukaan berupa roster yang masih kokoh ini friendy zaman sekarang. Sederhananya bukan yang megah dan besar sekali, jadi lebih mudah disesuaikan dengan gaya industrial masa kini.

Menurut saya Gaya Industrial Yang Lembut dan Kekinian Instagramable terlihat dari penerapan warna abu abu pada bangunan dengan finishing yang halus. Bermain warna cerah dengan tone lembut di beberapa perabot yang ada baik itu di restonya dan lain – lain. Penggunaan material alam yakni kayu dengan tone warna yang lembut. Oh iya disini juga bermain warna cerah yang semangat membuat suasana lebih indah dan hidup muncul di penerapan tanaman bunga Marigold yang ditanam di area plaza.

Penggunaan material kaca dengan tone warna yang lembut berupa kaca jendela nako yang diburamkan. Selain berfungsi untuk mereduksi sinar dan panas matahari. Penerapan kaca jendela nako cocok dengan gaya industrial yang dihadirkan dan berpadu apik dengan banyaknya roster yang juga cukup mendominasi.

Banyaknya roster dengan pengulangan bentuk yang sama di bangunan utama eksisting , terlihat dijadikan sebagai identitas Rumah Atsiri. Jadi kalau kita melihat bentuk tersebut akan mengingat Rumah Atsiri. Identitas ini dijadikan untuk logo Rumah Atsiri, pola taman pada area plaza dan ornamen di pertemuan antar baja kolom dan balok.

Penerapan lantai material semen ekspos dihadirkan niat yaitu terlihat proses finishing lantai yang dibuat kinclong mengkilat. Membuatnya menjadi kesan wah dan lebih bersih dengan motif apa adanya yang muncul dari semen ekspos. Gaya industrial menjadi lebih apik.

Menurut saya desain revitalisasi yang ada dan beberapa diterapkan dalam kondisi saat ini, terlihat bakal membentuk pola atau alur story telling tour yang menyenangkan nantinya. Penataan yang apik dan konektivitas yang oke. Setiap bangunan, area maupun tempat dihubungkan dengan jalan akses maupun jembatan / skybridge yang apik. Terdapat beberapa objek berupa replika infrastruktur pabrik penyulingan mirip seperti kerangka sangkar burung guna memperkuat citra bekas kejayaan pabrik citronella atau kejayaan industri atsiri.

Halo, klik halaman berikutnya dibawah ini untuk melanjutkan membaca 😀 Terima kasih … 

Advertisements
, , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *