Meriah Festival Balon Udara Wonosobo 2018

Halo sob ,kali ini saya mau membagikan info Festival Balon Udara Wonosobo 2018 yakni JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 yang berlangsung meriah. Penasaran seperti apa ? Cekidot sob…

Info Wonosobo : Meriah Java Balloon Festival Wonosobo 2018

Indonesia sangat unik dan beragam. Aneka tradisi dan budaya bisa sobat temui berbagai daerah di Indonesia. Seperti halnya saat Lebaran , banyak tradisi dan budaya yang wajib lestari. Melestarikan tadisi dan budaya merupakan menjaga warisan budaya Indonesia supaya tetap bisa lestari sampai selamanya.

Di Wonosobo yang berada di Dataran Tinggi Dieng ini punya tradisi pelepasan Balon Udara dengan aneka ragam yang unik , festival balon udara Wonosobo ini dikemas dalam JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 yang berlangsung meriah.

Foto Festival Balon Udara Wonosobo 2018 atau JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 ( Image Credit to @gandung_mh From Instagram )

Saya terkejut betapa luar biasa keren tradisi nya , andai saja bisa hadir langsung melihat kemeriahannya , rasanya ingin mengabadikan langsung momen – momen tradisi unik. Luar biasa untuk netizen yang semangat membagikan momen Festival Balon Udara Tertib Taat Peraturan Melestarikan Tradisi Unik.

Festival Balon Udara Taat Peraturan Melestarikan Tradisi Unik

Indonesia unik banget memiliki aneka tradisi dan budaya yang selalu wajib untuk kita lestarikan. Perlu sobat ketahui pelepasan balon udara merupakan salah satu tradisi yang dimaknai sebagai momen kemenangan bagi umat Muslim pada Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini biasanya dilakukan di sejumlah daerah di Jawa Tengah, misalnya Wonosobo.

Foto Festival Balon Udara Wonosobo 2018 atau JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 ( Image Credit to @gandung_mh From Instagram )

JAVA BALLOON FESTIVAL 2018 merupakan upaya menjaga keselamatan penerbangan mengikuti Peraturan Menteri Perhubungan no. 40 Tahun 2018 tentang PENGGUNAAN BALON UDARA PADA KEGIATAN BUDAYA MASYARAKAT. Festival Balon Udara dalam JAVA BALLOON FESTIVAL Wonosobo 2018 dilakukan sebagai upaya sosialisasi keselamatan penerbangan.

Tradisi yang masih tetap cantik sob, dan pastinya juga aman dan nyaman. Selain itu bisa lebih lama menikmatinya aneka balon penuh warna dan corak terbang menghias langit biru, tradisi budaya khas Wonosobo yang tetap lestari. Festival balon udara ternyata juga bisa menggerakkan perekonomian lokal karena bisa menjadi daya tarik puluhan ribu warga Wonosobo dan daerah sekitarnya.

Foto Festival Balon Udara Wonosobo 2018 atau JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 ( Image Credit to @harryrf From Instagram )
Foto Festival Balon Udara Wonosobo 2018 atau JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 ( Image Credit to @airnavindonesia From Instagram )

Festival balon udara Wonosobo yang dikemas dalam Java Balloon Festival Wonosobo 2018 dilaksanakan di Lapangan Geo Dipa Energi Unit Dieng, Ngampel, Wonorejo,Wonosobo, Jawa Tengah pada hari Selasa 19 Juni 2018. Ternyata sob selain di Kabupaten Wonosobo, AirNav Indonesia juga menyelenggarakan kegiatan festival balon udara yang sama di Pekalongan pada tanggal 21 – 22 Juni 2018.

Foto Festival Balon Udara Wonosobo 2018 atau JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 ( Image Credit to @airnavindonesia From Instagram )

Meriah dan rame banget nih festival balon udara wonosobo karena diikuti oleh 104 tim , lomba fotografi, pentas seni daerah, pameran UMKM, serta bazar makanan lokal khas Wonosobo.

Adanya Java Balloon Festival ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada instansi terkait dan segenap unsur masyarakat tentang dampak penerbangan balon udara tanpa awak secara bebas terhadap kegiatan penerbangan pesawat udara. Harapannya masyarakat untuk tetap mengutamakan keselamatan khususnya pada sisi penerbangan dalam berkreasi menerbangkan balon udara.

Foto Festival Balon Udara Wonosobo 2018 atau JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 ( Image Credit to @airnavindonesia From Instagram )
Foto Festival Balon Udara Wonosobo 2018 atau JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 ( Image Credit to @eventsbotv From Instagram )
Foto Festival Balon Udara Wonosobo 2018 atau JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 ( Image Credit to @sabiqmuh.099_ From Instagram )

Festival Balon Udara dengan nama Java Balloon Festival ini merupakan inovasi baru dalam memberikan hiburan penerbangan balon udara kepada masyarakat tetap melestarikan tradisi yang ada. Tradisi khas masyarakat dalam menerbangkan balon udara dapat terus berlanjut dan tertib menjaga keselamatan penerbangan. Intinya memberikan contoh berkreasi merayakan kegembiraan dengan menerbangkan balon tertib terkontrol. Selain itu juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Foto Festival Balon Udara Wonosobo 2018 atau JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 ( Image Credit to @gandung_mh From Instagram )
Foto Festival Balon Udara Wonosobo 2018 atau JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018 ( Image Credit to @trexbae28 From Instagram )

Terlihat Festival Balon Udara Wonosobo dengan nama Java Balloon Festival Wonosobo 2018 sangat meriah penuh semangat dengan balon udara penuh warna dan corak indah yang diterbangkan sesuai dengan ketentuan keselamatan penerbangan.

Ketentuan dalam Festival Balon Udara Wonosobo dengan nama Java Balloon Festival Wonosobo 2018 di antaranya adalah standar balon yang dipakai berukuran lebar 4 meter tinggi 7 meter dan ditambatkan dengan tali sepanjang 30 meter. Balon udara dalam Festival Balon Udara Wonosobo ini tidak dilepas bebas, melainkan ditambatkan dengan tali. Ratusan balon udara yang bergerak syahdu ketika tertiup angin menghiasi keindahan langit biru.

 

Via Berbagai Sumber ( Termasuk netizen via Instagram )

Advertisements
, , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *