Seru Banget Jelajah Pulau Padar Taman Nasional Komodo

Halo sob , ini kali ini saya mau membagikan pengalaman Jelajah Pulau Padar Taman Nasional Komodo. Salah satu pesona Indonesia yang ada di Flores – Nusa Tenggara Timur. Penasaran seperti apa ? Langsung aja yuk…

Trip Labuan Bajo : Seru Banget Jelajah Pulau Padar Taman Nasional Komodo

Indonesia menyimpan berbagai keindahan panorama alam yang membuat siapapun takjub. Semua daerah di Indonesia bisa dengan mudah dijumpai berbagai destinasi wisata yang menawarkan potensi keindahan alam setempat. Keindahan alam Indonesia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa, yang harus dijaga kelestariannya sebagai bentuk syukur atas karunia-Nya.

Flores memang luar biasa dan selalu ada saja yang bisa diceritakan. Beberapa waktu lalu saya mendapat kesempatan untuk ke Flores. Tepatnya berkunjung ke Labuan Bajo, menjelajah pulau – pulau dengan potensi memukaunya melalui Trip Sailing Komodo. Salah satunya saya menjelajah Pulau Padar yang merupakan terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau yang sangat pas untuk jadi pilihan destinasi utama ketika berkunjung ke Labuan Bajo.

Jelajah Keindahan Pulau Padar Taman Nasional Komodo

Di kalangan teman – teman travel blogger, Pulau Padar atau lebih dikenal dengan Gili Padar di Flores ini surga eksplorasi foto pesona alam Indonesia bagi kaum pecinta alam khususnya fotografer karena memiliki latar pemandangan alam indah.

Perlu diketahui Pulau Padar merupakan pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau Padar ini sangat memikat keindahannya. Apabila dibandingkan dengan beberapa pulau lain yang ada maka Pulau Padar ini tentu tidak kalah untuk membuat kita semua jatuh cinta kepada keindahannya ketika pertama kali bertemu dengannya.

Secara lokasi posisi atau letak Pulau Padar cenderung lebih dekat dengan Pulau Rinca dibandingkan dengan jarak ke Pulau Komodo dan dipisahkan oleh Selat Lintah. Oleh karena itu pilihan trip selanjutnya menuju Pulau Rinca. Namun ulasan trip Pulau Rinca nanti setelah ulasan Pulau Padar selesai.

Untuk bertemu dengan Pulau Padar nan Indah. Disini saya harus lebih dulu terbang menuju Labuan Bajo dan masih dilanjutkan dengan perjalanan via kapal yang seru banget menuju Pulau Padar. Karena selama perjalanan menuju Pulau Padar akan disuguhi panorama indah kepulauan yang ada.

Oh iya satu hal menarik , Pulau Padar juga masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena keberadaannya ada di dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motang. Walaupun begitu Pulau Padar ini ternyata tidak dihuni oleh Komodo. Kenapa begitu ? Ini disebabkan rantai makanan Komodo yang terputus.

Tiba di Pulau Padar Taman Nasional Komodo

Pengalaman jelajah Pulau Padar , menikmati keindahan panorama alamnya ini sangat seru dan menantang. Demi meraih impian dan melihat keindahan , perlu perjuangan. Cinta aja perlu perjuangan , apalagi yang begini. Sesampai di Pulau Padar , kapal yang saya tumpangi terlebih dahulu bersandar di bahu dermaga. Saya harus melewat dermaga sederhana , melewati bibir pantai yang sempit yang rela sedikit tersentuh oleh kelembutan ombak yang mendayu – dayu.

Mulai Jelajah Pulau Padar Taman Nasional Komodo

Disinilah perjuangan dimulai , titik pertama disambut oleh papan informasi seputar Pulau Padar  dan ribuan anak tangga telah menyambut dengan hangat. Tak mau kalah terik matahari menyilaukan juga turut menyambut kedatangan saya. Kebetulan saya tiba di Pulau Padar pada siang hari yang penuh semangat ceria. Melihat keindahan Pulau Padar yang sejati adalah hal yang wajib dan tak boleh terlewatkan. Bersiap untuk menaiki bukit yang berada di Pulau Padar untuk menikmati keindahan panorama dari atas. Biru laut dan jajaran pulau di sekitarnya menghipnotis saya sejauh saya memandang betapa indahnya Indonesia. Pesona Indonesia , luar biasa keren.

Meskipun trekking , perjalanan penuh perjuangan perlu bersahabat dengan ribuan anak tangga, langkah kaki menuju bukit tertinggi di Pulau Padar ini akan terasa sangat melelahkan, namun saya selalu semangat akan indahnya panorama perbukitan dan pemandangan yang sangat cantik dan tentunya tak lupa untuk mengabadikan momen tak terlupakan selama perjalanan penuh perjuangan alias trekking.

Mendaki Bukit Pulau Padar Taman Nasional Komodo

Trekking alias mendaki bukit ini menempuh selama 30 menit. Waktu tersebut adalah waktu perjalanan penuh perjuangan langkah kaki bersahabat dengan ribuan anak tangga. Lelah penuh keringat hilang begitu saja. Dengan mudah saya bisa move on dari ribuan anak tangga yang membayangi saya selama trekking. Nampak jelas sejauh mata memandang dari ketinggian terlihat jelas panorama pantai yang terpisah menjadi tiga bagian.

Sampai di atas Bukit Pulau Padar Taman Nasional Komodo

Umumnya sih teman – teman traveller atau travelblogger naik ke atas bukit penuh nikmat dan syukur ini pada pagi hari untuk mengejar surise serta sore hari untuk melihat sunset. Entah sunrise maupun sunset, keduanya penuh kepastian dan nikmat indah dan membuat siapaun yang jatuh cintah tuk pertama kalinya dengan Pulau Padar ini tak akan mau beranjak turun. Serasa pengen berkemah ria atas bukit Pulau Padar ini.

Santai Sejenak di Pulau Padar Taman Nasional Komodo

Ketika langkah kaki tuk perjalanan menuruni ribuan anak tangga yang telah bersahabat. Terasa berat merasa kangen tuk kembali menjelajah pulau Padar. Ketika sampai di bawah , di bibir pantai yang sempit bersebelahan dengan dermaga. Sobat akan disambut pejual kelapa muda yang pas banget dan menyegarkan tuk mengembalikan semangat dan kegalauan sobat usai meninggalkan atas bukit. Tak lupa juga ada aneka souvernir yang dijajakan disini. Tinggal memilih souvernir mana yang cantik untuk buah tangan yang dirumah sana. Buat orang tua , sanak saudara , pacar dan sahabat. Souvenir nya ada banyak macam seperti replika hewan komodo dan mutiara.

Mungkin itu dulu untuk pengalaman Jelajah Pulau Padar Taman Nasional Komodo. Salah satu pesona Indonesia yang ada di Flores – Nusa Tenggara Timur. Sampai jumpa dalam ulasan berikutnya. Terima kasih.

Galeri Foto Jelajah Pulau Padar Taman Nasional Komodo

 

Gimana sob ?

Advertisements
, , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *