Ngintip Proyek MRT Jakarta Stasiun Dukuh Atas

Halo sob , kali ini saya mau update dan membagikan Ngintip Proyek MRT Jakarta Stasiun Dukuh Atas. Nah penasaran seperti apa ? Langsung aja cekidot…

Info Proyek Indonesia : Sekilas Perkembangan Proyek MRT Jakarta Stasiun Dukuh Atas

Ini pertama kalinya saya memberikan update seputar megaproyek Indonesia yang berada di ibukota Jakarta. Yak , proyek MRT Jakarta tentu sobat sudah kenal dengan megaproyek yang satu ini. MRT Jakarta ini harapannya bakal merubah Jakarta memberikan dampak yang baik. Solusi kemudahan transportasi massal.

Oh iya sob proyek Stasiun Dukuh Atas ini masuk bagian dari proyek MRT Jakarta Fase 1 , nah apa itu  sekilas dibawah ini sob…

MRT Jakarta Fase 1

Seperti yang dikutip dari lama resminya MRT Jakarta yakni www.jakartamrt.co.id mengungkapkan Pembangunan konstruksi fase 1 proyek kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta ini telah dimulai pada 10 Oktober 2013 yang lalu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Nah di koridor 1 MRT Jakarta ini telah dibangun jalur kereta sepanjang 16 kilometer. Jalur kereta itu meliputi 10 kilometer jalur layang dan enam kilometer jalur bawah tanah. Begini sob , ada tujuh stasiun layang itu yakni ada stasiun Lebak Bulus (lokasi depo), Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.

Selain itu sob , MRT Jakarta punya Depo. Nah Depo untuk MRT Jakarta ini akan berada di kawasan Stasiun Lebak Bulus. Sedangkan enam stasiun bawah tanah dimulai dari Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Proyek MRT Jakarta ( Image Source : @mrtjkt https://www.instagram.com/mrtjkt )

Nih ada penampakan dari Jalur inspeksi kereta di depo Lebak Bulus yang dikutip dari post update akun instagram resmi MRT Jakarta. Lengkap dengan caption mengungkapkan Jalur inspeksi kereta di depo Lebak Bulus akan menjadi tempat dimana seluruh rangkaian kereta diperiksa rutin secara harian ataupun mingguan.

Karena perawatan rutin rangkaian kereta akan memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna. Inspection shed ini memiliki ruang di bawah yang memudahkan pengecekan kereta bagian bawah dan platform tinggi untuk kemudahan pengecekan atap kereta.

Untuk pengerjaan konstruksi dibagi dalam enam paket kontrak yang dikerjakan oleh kontraktor dalam bentuk konsorsium (joint operation), yaitu:

  • CP101 – CP102 oleh Tokyu – Wijaya Karya Joint Operation (TWJO) untuk area Depot dan Stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, dan Cipete Raya.
  • CP103 oleh Obayashi – Shimizu – Jaya Konstruksi (OSJ) untuk area Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.
  • CP104 – CP105 oleh Shimizu – Obayashi – Wijaya Karya – Jaya Konstruksi Joint Venture (SOWJ JV) untuk area transisi, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, dan Setiabudi.
  • CP106 oleh Sumitomo – Mitsui – Hutama Karya Join Operation (SMCC – HK JO) untuk area Dukuh Atas dan Bundaran Hotel Indonesia.

Sedangkan bagian proyek pengerjaan CP107 untuk sistem perkeretaapian (railway system) dan pekerjaan rel (trackwork) oleh Metro One Consortium (MOC) yaitu Mitsui & Co. – Tokyo Engineering Corporation – Kobe Steel, Ltd – Inti Karya Persada Tehnik) dan CP108 untuk rolling stock oleh Sumitomo Corporation.

Proyek MRT Jakarta Stasiun Dukuh Atas

Stasiun MRT Dukuh Atas : Stasiun kereta bawah tanah terdalam di Jakarta

Proyek MRT Jakarta ( Image Source : @transportforjakarta https://www.instagram.com/transportforjakarta/)

Sobat sudah tau belum nih kalau Stasiun MRT Dukuh Atas merupakan stasiun kereta bawah tanah terdalam dari kesemua stasiun MRT yang ada di Jakarta saat ini. Stasiun ini memiliki kedalaman 24 meter dibawah permukaan tanah tepat di bawah sungai Kanal Banjir Barat. Seperti yang dikutip dari update akun instagram @transportforjakarta yang telah di repost oleh akun instagram @mrtjkt.

Akses Stasiun MRT Dukuh Atas

Seperti yang dikutip dari caption update akun instagram @mrtjkt mengungkapkan akses Dukuh Atas yang nantinya akan mengutamakan pejalan kaki. Hal ini demi mendukung pengoperasian MRT Jakarta dan memudahkan intergrasi antar moda nantinya, MRT Jakarta akan membangun kawasan yang mementingkan dan menata akses pejalan kaki. Hal itu adalah salah satu strategi dalam pembangunan Kawasan berorientasi transit alias TOD di Dukuh Atas.

Penampakan Pemasangan dinding Stasiun MRT Dukuh Atas

Proyek MRT Jakarta ( Image Source : @mrtjkt https://www.instagram.com/mrtjkt )

Melihat perkembangan Stasiun MRT Dukuh Atas di bawah tanah. Stasiun ini sudah dalam tahap pemasangan dinding dan plafon. Hal itu terlihat dari update terbaru akun instagram @mrtjkt. Dalam caption update terbarunya mengungkapkan dinding Stasiun Dukuh atas terbuat dari bahan ACP atau Aluminium Composite Panel yang tahan api untuk menghindari kebakaran. Selain alasan estetika, manfaat lain yaitu perawatan yang lebih mudah bila terdapat kerusakan pada dinding.

Proyek MRT Jakarta ( Image Source : @mrtjkt https://www.instagram.com/mrtjkt )
Proyek MRT Jakarta ( Image Source : @mrtjkt https://www.instagram.com/mrtjkt )

Penampakan Pemasangan Platform Screen Doors Pada Peron Stasiun MRT Dukuh Atas

Proyek MRT Jakarta ( Image Source : @mrtjkt https://www.instagram.com/mrtjkt )

Masih tentang Stasiun MRT Dukuh Atas, mumpung masih update langsung lanjut ke lantai paling bawah yaitu peron stasiun. Terlihat kegiatan pemasangan PSD atau Platform Screen Doors pada peron stasiun yang sudah mulai dilakukan. Platform Screen Doors akan memastikan keamanan sobat MRT saat menggunakan kereta nanti. Pintu ini akan menutup sisi peron dengan jalur kereta secara penuh, dari lantai sampai plafon. Penutupan penuh ini juga di maksudkan untuk memaksimalkan penggunaan pendingin ruangan stasiun sehingga lebih hemat energi.

Proyek MRT Jakarta ( Image Source : @mrtjkt https://www.instagram.com/mrtjkt )
Proyek MRT Jakarta ( Image Source : @mrtjkt https://www.instagram.com/mrtjkt )

Gimana menurut sobat ? Sudah gak sabar mencoba MRT Jakarta ?

 

Via Berbagai Sumber ( Termasuk @mrtjkt https://www.instagram.com/mrtjkt/ 

Dan @transportforjakarta https://www.instagram.com/transportforjakarta/ )

Advertisements
, , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *