Sekilas Situs Watu Kandang Matesih Karanganyar

Halo sob , kali ini saya mau update dan membagikan Sekilas Situs Watu Kandang Matesih Karanganyar. Nah penasaran seperti apa ? Yuk mari sob, cekidot…

Info Wisata Karanganyar : Wisata Sejarah Situs Watu Kandang Matesih Karanganyar

Credit to @gabriela_ika ( instagram.com/ gabriela_ika )

Ternyata Kabupaten Karanganyar tidak hanya memiliki potensi wisata alam yang begitu mempesona. Karanganyar pun juga punya wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi seperti halnya wisata sejarah yang berada di Matesih Karanganyar ini sob.

Jarang banget cerita seputar wisata sejarah, jadi kali ini mau cerita sedikit cerita mengenai Situs Watu Kandang Matesih Karanganyar. Ini dia….

Terlihat bongkahan batu mulai dari kecil hingga besar berada di tengah areal persawahan tepat di tepi jalan tembus Tawangmangu yang ada dalam wilayah dusun Ngasinan, Desa Karang Bangun Kecamatan Matesih Karanganyar. Sejauh mata memandang mungkin akan melihat sejenak dan bertanya itu apa ya ?

Seperti yang dikutip dari laman resmi Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah,Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia. Situs Watu Kandang Matesih merupakan bangunan yang berasal dari masa Prasejarah. Para ahli arkeologi berpendapat bahwa Situs Watu Kandang Matesih diperkirakan  berasal dari masa Megalitik Tua dan tetap berkembang hingga abad XII M berdasarkan temuan yang ada.

Situs Watu Kandang Matesih berupa bangunan temu gelang (stone enclosure). Begini sob stone enclosure yaitu sekelompok batu (menhir) yang disusun dalam bentuk formasi temu gelang. Jadi formasi ini oleh masyarakat setempat sering menyebutnya dengan istilah Watu Kandang.

Struktur batu temu gelang yang ada di Situs Matesih terdiri dari beberapa variasi bentuk, seperti persegi panjang, oval, dan tidak beraturan. Ukurannya ada yang besar dan ada juga yang berukuran kecil.

Terletak di Dusun Ngasinan, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Berada pada posisi 04°14’46” BT dan 07°3’97” LS, pada ketinggian ±500 m dpl di daerah persawahan dan dilewati Sungai Samin serta berada di tepi jalan raya menuju Mangadeg dan Tawangmangu. Di sebelah timur Situs terdapat Gunung Bangun dan Gunung Banoman.

Penampakan Situs Watu Kandang Matesih Karanganyar

Credit to @hvn_arynt85 ( instagram.com/hvn_arynt85 )

 

Credit to @yemimabasuki ( instagram.com/yemimabasuki )
Credit to @dr_valyandra ( instagram.com/dr_valyandra )
Credit to @berhidayat ( instagram.com/berhidayat )

Gimana ? Kepo kan ? penasaran ada apa aja di Situs Watu Gelang ? Langsung aja ya sob , berkunjung ke Situs Watu Kandang Matesih Karanganyar. Wisata sejarah , menjelajah dan mempelajari seperti apa Situs Watu Kandang Matesih Karanganyar.

Nah mungkin itu dulu sob untuk update kali ini dan sampai jumpa diupdate selanjutnya… Thank you & See you….

Have a nice day …bro & sist

 

Via Berbagai Sumber ( Termasuk laman resmi Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia ( https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/2016/05/04/1404/ )

Advertisements
, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *