Sudah siap belum main ke Sekaten Solo ?

Halo sob , sudah siap belum main ke Sekaten Solo ? Nih kali ini mau update dan membagikan penampakan Sekaten Solo.. Kepo ? Cuss cekidot….

Dolan Solo : Tradisi Sekaten Surakarta Dimulai Hari Ini Loh

Tak terasa waktu berjalan begitu cepatnya , saya hampir lupa kalau mau ada Sekaten lagi. Kemarin sob , saya menyempatkan diri tuk mampir di kawasan alun alun utara / alun alun lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Clingak clinguk kayak wong ilang mlipir melihat persiapan Sekaten.

Tradisi Sekaten kembali digelar oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang prosesinya secara resmi di mulai hari ini , Jumat 24 Novemvber 2017. Ini dimulai dengan kirab gamelan dari keraton menuju Masjid Agung Surakarta. Seperti yang sobat ketahui pembukaan Sekaten ditandai dengan upacara ‘ungeling gangsa’ atau tabuhan gamelan di halaman Masjid Agung Surakarta. Gamelan Kiai Guntur Madu dimainkan lebih dahulu, kemudian dilanjutkan tabuhan gamelan Kiai Guntur Sari.

Walaupun demikian sob , sekaten yang secara resmi baru dibuka hari ini Jumat 24 November 2017, suasana kemeriahannya yang khas sudah mulai terasa. Terlihat kemarin ketika mampir ke Kawasan Alun – alun utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat para pedagang mulai dari mainan hingga makanan dan lainnya sudah berjajar dengan runtut di Jalan Pakubuwono. Di Alun-alun Kidul pun juga  sudah dipenuhi wahana permainan khas pasar malam. Akan tetapi untuk di alun – alun kidul merupakan Gebyar Pasar Rakyat.

Asik kan ya sob ? Terasa makin lengkap ya sekarang…

Penampakan Sekaten Solo

Inilah penampakannya sob…. ( Dokumentasi , 23 November 2017 )

Gimana sob ? Hayo jangan lupa main ke Sekaten Solo yak…

 

Advertisements
, , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *