Sudah Kenal Belum ? Kayu Apu Solo

Halo sob , kali ini saya mau update dan membagikan Sudah Kenal Belum ? Kayu Apu Solo. Nah penasaran kan ? Langsung aja… cuss… cekidot…

Info Kuliner Solo : Mampir Menikmati Khasnya Nusantara di Kayu Apu

Hokyahh…rumpi kuliner lagi nih sob. Kuliner solo makin lengkap dan beragam aja nih sob. Makin bingung aja nih kalau kuliner hahaha… pilihannya banyak.

Salah satunya ialah kawasan Manahan Solo, sobat tentunya sudah hafal kawasan ini tak hanya dikenal sebagai lokasi dimana Gelora Manahan Solo berada, namun lambat laun kawasan Manahan Solo tumbuh menjadi kawasan kuliner yang asik di Kota Solo.

Ketika berada di kawasan Manahan Solo ketika akan dengan mudah menemukan mulai dari warung , shelter kuliner , aneka kedai hingga tempat makan asik yang selalu ramai setiap waktunya.

Kali ini saya mau ngenalin sobat semua salah satu tempat makan asik yang dikenal juga dengan kedai khas aneka masakan Nusantara. Belum pada kenal kan sob ? Nih kenalin sob , Kayu Apu : Kedai Dahar Nusantara. Salah satu surga kuliner nusantara yang khas dan berada di Kota Solo. Cuss yuk mari…..

Kayu Apu : Kedai Dahar Nusantara ?

Tak kenal maka tak sayang, seperti kamu dengan dia… Nama Kayu Apu sendiri diambil dari nama tanaman air yang mungkin saja sobat tak mengira bahwa nama tanaman air tersebut namanya adalah Kayu Apu. Bisa dipastikan sobat mungkin jarang memperhatikannya.

Kenapa sih Kayu Apu ? Jadi begini sob , filosofi tanaman air Kayu Apu. Banyak orang mungkin tidak memperhatikannya , serasa hampir tak terlihat. Sebenarnya sih ini mudah ditemukan di areal persawahan ataupun kolam.

Kayu Apu ini sangat bermanfaat, tanaman air ini punya manfaat bisa membantu penjernihan air, selain itu pertumbuhan kayu apu sendiri sangat cepat loh. Coba aja deh , kolam dirumah sobat taruh saja beberapa tanaman air Kayu Apu ini dalam beberapa waktu kedepan , tanpa sobat memperhatikannya pasti tiba – tiba saja serasa sudah banyak banget karena memang pertumbuhannya yang begitu cepat.

Bagi sang pemilik kedai inilah yang menginspirasinya dan membawa filosofi ini kedalam kedai miliknya dan menjadikan Kayu Apu sebagai nama kedai / usaha kuliner. Sang pemilik harapan Kayu  Apu sebagai usaha kulinernya bisa punya pertumbuhan cepat seperti Kayu Apu.

Sang pemilik melihat potensi yang ada yakni banyak kuliner yang bisa diangkat salah satunya adalah Kuliner Nusantara, dan dengan mengangkat Kuliner Nusantara ini harus bangga. Benar – benar sangat menarik dan jadi satu hal bernilai tinggi.

Menu Kayu Apu : Aneka Menu Khas Nusantara

Menu Khas Racikan 3 Chef Dari Daerah Berbeda  

Sesuai dengan taglinenya Kedai Dahar Nusantara , Kayu Apu menyajikan aneka menu masakan khas Nusantara. Kayu Apu mengangkat menu khas nusantara , menu masakan dari berbagai daerah di Indonesia. Olahan menu nusantara ini diolah dan diracik oleh 3 chef dari daerah berbeda. Salah satu keunikan yang menarik dari Kayu Apu : Kedai Dahar Nusantara.

Aneka Olahan Sambal Pedas nan Khas Kayu Apu

Ada lebih dari 16 macam sambel sob, salah satunya ialah sambel bebek khas Kayu Apu yang pedas nya begitu khas dan ini sambal signature nya Kayu Apu. Perpaduan olahan Bebek dengan pedas yang khas. Selain itu ada sambel lain yang menarik dari Kayu Apu yakni Sambel Kejam , nah sambel ini ada 3 yakni sambel trasi, sambel cabe ijo, dan sambel bawang.

Ada Penyet Punokawan Khas Kayu Apu

Kayu Apu punya menu penyet punokawan , menu ini menurut saya menu khas nusantara ala pedesaan yang pedas dan nikmat. Penyet punokawan ini terdiri ada tahu , tempe , telur ceplok , disiram dengan sambel teri yang nikmat plus lengkap dengan lalapan seperti timun , daun kemangi dan pepaya.

Aneka Olahan Bakar Jimbaran Khas Kayu Apu

Salah satu juaranya di Kayu Apu yan begitu khas ialah anekan menu olahan ikan bakar jimbaran atau olahan bakar jimbaran. Ada aneka olahan bakar mulai dari ikan bawal , ikan kembung hingga cumi yang diolah lengkap dengan sambel matah yang nikmat.

Aneka Olahan Ikan Asin Khas Kayu Apu

Credit to @KayuApu_Solo

Kayu Apu ini unik sob, ternyata punya banyak aneka olahan ikan asin loh yang didatangkan langsung dari sumber nya jadi jangan heran kalau sering kehabisan dan kosong dalam beberapa waktu , karena boleh dibilang serasa eksklusif gitu *ah lebay saya nih. Nah olahan ikan asin itu mulai dari ikan gabus asin raksasa dari kalimantan , kemudian ikan pari asin dan masih banyak lainnya.

Aneka Olahan Pepes Khas Kayu Apu

Credit to @KayuApu_Solo

Hokyahh….Kayu Apu juga punya menu aneka pepes yang khas dengan bumbu melayu. Salah satunya
ada pepes jamur dengan olahan bumbu bunga kecombrang.

Ada Menu Nasi Liwet Khas Kayu Apu

Credit to @KayuApu_Solo

Nih sob , gak boleh ketinggalan saat mampir Kayu Apu. Kalau sobat mampir Kayu Apu cuss cobain Nasi liwet gurih tanpa santan , dengan olahan berbagai rempah khas , didalamnya ada potongan ikan jambal. Nah ada versi pesonal ( sendirian , jomblo *eh ), sarimbit bisa buat berdua dan kendil komplit jerit bisa rame – rame kurang lebih 2 – 4 orang ).

Credit to @KayuApu_Solo

Aneka Minuman Nusantara Khas Kayu Apu

Credit to @KayuApu_Solo

Setelah rumpi menu pedas huhah nikmat khas yang bikin kenyang , saat nya bahas minuman yang menyegarkan dan khas nusantara. Kayu Apu punya aneka menu minuman khas nusantara yang juara mulai dari Es gempol pleret , melon sagu, es kopyor, dan terakhir sreut melon.

Es Gempol Pleret

Credit to @KayuApu_Solo

Es Sreut Melon / Es Melon Serut

Credit to @KayuApu_Solo

Es Kopyor

Credit to @KayuApu_Solo

Es Melon Sagu

Credit to @KayuApu_Solo

Es Tape Ketan

Credit to @KayuApu_Solo

Harga Menu Kayu Apu

Harga menu khas Nusantara di Kayu Apu berapa sih ? Kan asyik banget tuh. Untuk menikmati aneka lauk pauk menu khas nusantara di Kayu Apu harganya mulai dari kisaran 6 ribuan sampai dengan 25 ribuan.

Untuk harga menu minuman mulai dari 6 ribuan untuk es teh jumbo dan mulai dari 10ribuan untuk juaranya Kayu Apu seperti Es gempol pleret , melon sagu, es kopyor.

Suasana dan Interior Khas Kayu Apu : Rustic Recycled Design Dengan Sentuhan Javanese Vintage

Suasana di Kayu Apu ini asik dan menarik sob. Landscape kecil , Eksterior dan Interior nya serasa memiliki karakter tersendiri. Sang pemilik suka banget dengan custom recycle , jadi jangan heran ketika memasuki Kayu Apu kesan antik uniknya begitu kuat namun semua itu sebenarnya lebih kepada recycle. Jadi hampir semua recycle , memanfaatkan barang bekas. Tetap fungsional , lebih bernilai tinggi.

Kayu Apu mengangkat konsep interior Rustic Recycled Design dengan sentuhan Javanese Vintage. Gaya rustic menghadirkan kesan yang apa adanya , begitu aja ketika dipandang. Namun jangan salah, rustic saat ini justru menjadi tren desain interior yang kekinian. Gaya rustic sebenarnya fokus pada kesan alami, dari material yang tidak dihaluskan, seperti kayu, batu, logam, dan masih banyak lainnya.

Rustic sendiri di Kayu Apu untuk memperkuat kesan dari aneka barang recycle pilihan dan telah disesuaikan. Selain itu Rustic Recycled Design dengan sentuhan Javanese Vintage terlihat dari penerapan penataan ruang berdasar filosofi jawa / javanese. Ketika masuk ke Kayu Apu akan melalui taman kecil. Ingin menghadirkan serasa dirumah sendiri.

Selain itu nuansa dan kesan vintage atau tempo dulu dari beberapa perabot dan hiasan dinding seperti lampu gantung tua , ada pula iklan tempo dulu dalam bentuk lukisan didalam bingkai yang disusun sedemikian rupa.

Penataan di Kayu Apu menarik dan rapi, terasa ruang gerak masih cukup luas membuatnya menjadi lebih leluasa dan nyaman. Untuk kapasitasnya sendiri , Kayu Apu kan terdiri dari dua lantai sob , nah lantai atas mampu memuat hingga 50 orang dan lantai bawah mampu membuat hingga 35 orang.

Lokasi Kayu Apu : Kedai Dahar Nusantara ?

KAYU APU : Kedai Dahar Nusantara berada di Jalan Menteri Supeno No.3
Manahan Solo. Untuk petunjuk lokasi atau ancer – ancer , Patung kuda manahan kebarat, kanan jalan sebelum Solo Radio. Nah buka dari jam 12.00 siang hingga 21.00 malam. Untuk reservasi atau order bisa hubungi 081227017758.

Petunjuk lokasi melalui Google Maps bisa cek dibawah ini atau klik dibawah ini… cuss

Galeri Foto Kayu Apu : Kedai Dahar Nusantara

Shot with ASUS Zenfone Zoom S & Location @Kayu Apu Solo 

Klik disini untuk galeri selanjutnya ….

Nah Gimana sob ?

Mungin itu dulu untuk update kali ini dan sampai jumpa di update selanjutnya… Thank you and see you …..Have a nice day ……

 

KAYU APU
Kedai Dahar Nusantara
Jl.menteri supeno no.3
Manahan Solo
(Patung kuda manahan kebarat, kanan jalan sblm solo radio)
Buka 12.00 – 21.00 wib
RSV/Order: 081227017758

 

Advertisements
, , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *