Keren Sob! Pasar Gede Solo Punya Valet Parking

Halo sob , siapa nih yang sering ke Pasar Gede Solo akhir – akhir ini ? Sekarang Pasar Gede punya sistem parkir oke lohh…Namanya Valet Parking sob…Nah penasaran seperti apa … langsung saja yukk sob , cekidot…

Valet Parking ? Iya sob . Nah bagi sobat semua yang sering atau ketika pergi ke pusat perbelanjaan di mall atau ke sebuah restoran pasti pernah memperhatikan bahkan menggunakan sistem perparkiran yang satu ini . Tentunya sudah kenal sekali pasti , ya begitu lah sob layanan valet parking memang lazim ditemui di tempat – tempat tersebut. Namun, bagaimana kalau sobat menemukan layanan valet parking atau antar jemput kendaraan itu di sebuah pasar tradisional?

Jangan kaget ya sob , ketika sobat belanja ke Pasar Tradisional dan ehhh ketemu valet Parking deh …

Salah satu pasar tradisional paling legendaris di Kota Solo yaitu Pasar Gede Hardjonagoro punya sistem perparkiran ini sob. Pasar Gede Solo memiliki layanan valet parking khusus untuk motor. Layanan valet parking ini hadir seiring penataan kawasan Pasar Gede Solo dan larangan parkir di sepanjang area pendestrian didepan Pasar Gede yang usai ditata.

Gimana sih sistemnya ? Mudah saja sob. Ketika sobat ingin berbelanja ke Pasar Gede Solo dan ingin masuk ke dalam Pasar Gede Solo melalui pintu utama yang berada sebelah barat tepat di depan Tugu Jam, pasti sobat akan melihat sebuah penanda dari besi berwarna biru bertuliskan “valet parking”. Nah berarti disitu sob…

Selanjutnya ?….

Setelah berhenti di tempat tersebut , nanti ada Petugas parkir Pasar Gede yang sigap lalu akan menghampiri sobat untuk menawarkan layanan valet parking khusus untuk motor. Motornya sobat nanti akan dibawa ke area yang telah disiapkan yaitu area parkir sisi utara Pasar Gede dekat pasar buah.

Teruss…

Nah ini sob , bagaimana kalau sobat sudah selesai berbelanja dan ingin mengambil motor sambil senyam senyum riang gembira sumringah seusai berbelanja di Pasar Gede? Mudah saja sob , Petugas parkir akan menghubungi rekan yang menjaga area parkir yang berada sisi selatan pasar atau sisi utara pasar tadi menggunakan handy talkie (HT) dengan menyebutkan nama pemilik motor dan nomor pelat kendaraan bahkan warna kendaraan dan merk nya sekaligus juga sob biar komplit jerittt..

Oh iya kalau pas rame tenang sob , kan itu pasti ngantri dan nunggu sampai motornya datang bisa menunggu sambil duduk dahulu karena ada beberapa kursi disana. Ya nasib kalau ndak dapet tempat duduk , terpaksa berdiri saja hehe.

Sekilas kisah awal mula valet parking di Pasar Gede Solo ini adalah berawal dari seorang petugas parkir yang merupakan pencetus ide valet parking di Pasar Gede Solo, bernama Suparno. Untuk jasa parkir ini sebenarnya sudah berjalan cukup lama kalau terhitung dari saat ini tepatnya mulai dijalankan pada tanggal 5 Januari 2016 yang lalu. Layanan ini dilakukan karena larangan parkir di trotoar yang telah lama dijalankan, dan karena sepinya pendapatan di area parkir baru. Selain itu juga kalau di hotel atau mal kan saja punya valet parking dan bisa diterapkan.  Lalu kenapa kok di pasar tradisional gak ada? Dan dicoba , Eh ternyata bisa dicoba dan diterapkan serta berlangsung hingga saat ini.

Usut punya usut , ternyata sang pencetus ide ini Bapak Suparno terinspirasi dari tayangan televisi yang ia tonton. Jadi kali pertama ia melihat layanan valet parking itu dalam tayangan sinetron.

Pada awal penerapan sendiri memang layanan parkir ini juga sempat mendapat negative yaitu reaksi penolakan dari pengendara motor yang ingin parkir. Namun pada akhirnya bisa berjalan dengan baik.

Oh iya sob , sebenarnya layanan valet parking untuk motor yang diterapkan di Pasar Gede Solo ini tergolong inovasi yang terbilang sangat menarik sekali. Karena diperkirakan mungkin layanan valet parking di pasar tradisional tersebut hanya ada di Indonesia. Selain itu juga sebetulnya ada aspek keamanannya. Hal yang bisa dibilang tantangan dan tidak mudah untuk diterapkan terkait kepercayaan antara petugas parkir dan si empu pemilik kendaraan. Dan bersyukur sekarang berjalan dengan apik sob.

Dengan adanya layanan valet parking di pasar tradisional , manfaat dan keuntungan yang tentunya terasa adalah akan memudahkan para pengguna jasa parkir. Selain itu, ini juga bisa mempermudah penataan parkir karena dalam hal ini ada simbiosis mutualisme antara petugas parkir dan si pengguna layanan ini yaitu pemilik kendaraan.

Ini yang tak kalah penting nya sob , layanan valet parking di Pasar Gede Solo ini hadir mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB dan untuk tarif nya sendiri adalah bertarif Rp 2.000. Terdapat hampir 12 petugas parkir yang menjalankan jasa ini mulai dari pagi hingga sore harinya .

Advertisements
, , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *