Update Proyek : Progess Pembangunan Gedung Rektorat UMS

Halo sob , kali ini saya mau update seputar progress proyek gedung rektorat UMS. Nah dari pada nunggu kelamaan , yukk langsung saja sob..cekidot sob….

Sebelum ngintip dan lihat progress dari proyek gedung rektorat UMS ini sob, ada baiknya kita kilas balik dulu. Nah banyak orang termasuk saya sendiri mengenal gedung ini sebagai gedung Rektorat , kalau kepemilikan jelas milik UMS ( Universitas Muhammadiyah Surakarta ). Belum banyak yang tau kalau ternyata nama sebenarnya dari gedung baru milik UMS ini adalah Gedung Induk Siti Walidah UMS. Nah mari kita lebih dekat mengenal gedung ini , pasti makin bertanya – tanya ya sob.

Gedung induk Siti Walidah adalah gedung baru milik Universitas Muhammdiyah Surakarta yang saat ini masih dalam tahap finishing. Nama gedung ini sendiri mengambil nama dari istri K.H Ahmad Dahlan sebagai pendiri Persyarikatan Muhammadiyah. Gedung yang terletak di Jalan Ahmad Yani , kawasan Pabelan ini berdiri diatas lahan seluas 1,15 Ha ( “Hektar” ya sob ).

Gedung ini merupakan kantor pusat terpadu yang berfungsi sebagai kantor rektorat , kantor pusat biro dan unit pelayanan kepada mahasiswa dan kantor urusan internasional dan juga sebagai kantor admisi yang berfungsi sebagai pusat pelayanan penerimaan mahasiswa baru. Inilah mengapa gedung ini disebut Gedung Induk, dimana gedung ini merupakan kantor pusat terpadu. Namanya gedung induk , bukan sembarang gedung , dimana apapun yang ada didalamnya adalah satu kesatuan yang penting.

Gedung ini juga dilengkapi skygraden dan balkon yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk menikmati pemandangan sekitar dan mensyukuri apa yang ada disekitar. Sebelum lanjut ulasanya , mari kita lihat sedikit atau beberapa fasilitas yang ada digedung ini. Selain untuk kantor pusat terpadu yang saya jabarkan di atas dan 2 fasilitas dalam awal paragraf ini yaitu balkon dan skygarden ada juga. Berikut beberapa fasilitas lainnya , ada parkir , lobby utama ( main lobby ) , terdapat atrium utama juga , Conference Room , Food Court , Office ( yang sudah saya sebutkan sebelumnya ) , dan masjid didalamnya , dan juga ruang publik yang cukup luas.

( Baca juga : Inilah Gedung Induk Siti Walidah UMS / Gedung Rektorat UMS  ( Klik Disini ) )        

Gimana sob sudah kenal kan ? Kalau sudah kenal , yukk mari kita ngintip proyek gedung megah milik UMS ini . Ngintip dari luar dulu sob , biar puas. Lagi pula sob , wuhu gedung ini terbilang memiliki bentuk dan fasad yang menarik dan tak biasa. Ya kan sob ? Boleh juga nih UMS bikin begini. Dua jempol untuk kampus yang satu ini.

Ya sob , gedung ini masuk dalam tahap finishing luar maupun dalam , ya diluar / eksterior ada si fasad dan landscape nya kemudian didalam / interior nya. Denger – denger sebentar lagi bisa direyen sob. Denger – denger lho ya , belum pasti. Harapannya bisa ikut ngreyen sob , kepo sih saya sob. Bagian dalamnya seperti apa? Ya kan sob.

Muluk – muluk nya nanti dulu ya sob, kepo bagian dalamnya disimpan dulu sob. Nah di sisi luar / si eksterior gedung sedang sibuk tahap finishing entah itu di fasad gedung yang sudah diselimuti panel komposit alumunium , kemudian jendela ( termasuk kaca nya lho ) sudah terpasang , terus bagian yang pake kaca sudah terpasang. Beberapa komponen gedung lainnya sepertinya sudah terpasang dan mungkin masing proses memasang yang lain juga.

Ini bagian gedung yang melengkung itu sob.

Bagian belakang gedung yang terlihat hampir secara keseluruhan , terhalang bangunan lain.

Lengkung dan Vertikal

Ini Jendela nya sob

Sisi belakang gedung agak menyamping sedikit , terlihat tetangga dari gedung ini yaitu Rumah Sakit UNS yang terlihat methungul sob

 

Oh iya sob , ngomong – ngomong soal panel komposit alumuniumnya ini sudah terlihat warna aslinya yang sebelumnya masih tertutup oleh pembungkusnya. Warna nya kalau saya boleh menyebutnya kinclong – kinclong metallic “metal bro” ala alumunium . Ya ialah alumunium biasanya identik dengan warna metallic . Tak ketinggalan warna metallic tersebut ditemani dan berduet dengan warna biru.

 

Oh iya sign nama juga mulai dipasang lho sob. Yahh sesuai nama gedung ini  “Gedung Induk Siti Walidah” ya nama yang terlihat nanti adalah itu sob. Karena masih dipasang dan belum selesai sob jadi baru terlihat “Gedung Induk Siti W”

Terlihat dari samping agak jauhan sob , biar kelihatan.  Langsung dari pinggir jalan Ahmad Yani Kartasura.

Ngezoom banget biar kelihatan jelas sob

Zoom agak jauhan sob

Terlihat langsung dari pingggir jalan Ahmad Yani Kartasura agak deketan ini sob. Oh iya itu ada jembatan untuk akses masuk ke area gedung.

Zoom banget sob.

Ornamen berwarna biru

‘Bentuk Lengkung

Foto Lainnya sob ( Edisi Bonus ) :

Beberapa pekerja tengah sibuk menyelesaikan tugasnya.

 

Advertisements
, , , ,

2 thoughts on “Update Proyek : Progess Pembangunan Gedung Rektorat UMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *