Inilah Gedung Induk Siti Walidah UMS ( Gedung Rektorat UMS )

Halo sobat, pasti pada bingung ya ?? Gini sekalian saya kenalin dan sedikit informasi. Nah dari pada sobat bingung hubungannya Gedung Induk Siti Walidah UMS dengan Gedung Rektorat UMS mari simak selengkapnya yukkk..

Gedung Rektorat UMS Gedung Induk Siti Walidah 1

Nah banyak orang termasuk saya sendiri mengenal gedung ini sebagai gedung Rektorat , kalau kepemilikan jelas milik UMS ( Universitas Muhammadiyah Surakarta ). Belum banyak yang tau kalau ternyata nama sebenarnya dari gedung baru milik UMS ini adalah Gedung I nduk Siti Walidah UMS. Nah mari kita lebih dekat mengenal gedung ini , pasti makin bertanya – tanya ya sob.

Gedung induk Siti Walidah adalah gedung baru milik Universitas Muhammdiyah Surakarta yang saat ini masih dalam tahap finishing. Nama gedung ini sendiri mengambil nama dari istri K.H Ahmad Dahlan sebagai pendiri Persyarikatan Muhammadiyah. Gedung yang terletak di Jalan Ahmad Yani , kawasan Pabelan ini berdiri diatas lahan seluas 1,15 Ha ( “Hektar” ya sob ).

Gedung ini merupakan kantor pusat terpadu yang berfungsi sebagai kantor rektorat , kantor pusat biro dan unit pelayanan kepada mahasiswa dan kantor urusan internasional dan juga sebagai kantor admisi yang berfungsi sebagai pusat pelayanan penerimaan mahasiswa baru. Inilah mengapa gedung ini disebut Gedung Induk, dimana gedung ini merupakan kantor pusat terpadu. Namanya gedung induk , bukan sembarang gedung , dimana apapun yang ada didalamnya adalah satu kesatuan yang penting.

Konsep kantor pusat terpadu ini memiliki tujuan untuk meningkatkan sinergi antar lembaga serta menciptakan pelayanan terintergrasi disuatu tempat.

Bentuk gedung ini unik , terhitung untuk saat ini Gedung Induk Siti Walidah UMS adalah gedung kampus ( gedung milik universitas ) satu satunya di Solo yang unik dan berani beda. Nyeleneh sendiri lah , yang umumnya bermain pada bentuk kotak – kotak ( kubus / balok ). Satu nilai plus buat gedung ini termasuk tim yang membuat gedung ini karena nantinya yang namanya unik pasti jadi icon . Tentunya icon untuk kampus ( UMS ) sendiri dan juga di kawasan tersebut. Terlebih di Solo , karena belum ada Kampus lain yang bikin. Terkecuali di Jakarta dan sekitar nya , banyak universitas yang bikin gedung kampus yang bentuknya nyeleneh / unik. Misalnya Gedung Perpustakaan UI , Gedung milik Binus dan mungkin masih banyak gedung lainnya yang saya belum tau.

Oke kenapa bentuknya seperti ini . Desain gedung ini terinspirasi dari logo Persyarikatan Muhammadiyah yang berbentuk matahari bersinar, matahari sebagai titik pusat tata surya dan sumber kekuatan makhluk hidup. Untuk kalimat syahadat yang terdapat logo tersebut diwujudkan dalam dua massa bangunan yang dihubungkan dengan inti bangunan yang terletak di antara kedua masa bangunan tersebut. Dimana inti bangunan tersebut adalah sebagai simbol inti pergerakan Muhammadiyah yang dilandasi keyakinan akan ke-esaan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sebagai Rosul. Pancaran sinar matahari kesegala arah diwujudkan dalam pola landscape gedung ini yang melambangkan hubungan kepada sesama manusia, simbol tekad dan semangat kerja keras tanpa lelah untuk bagi pencerahaan dan kesejahteraan. Bentuk gedung yang membesar keatas adalah sebagai simbol pertumbuhan dan perkembangan dan juga simbol menaungi dan mengayomi.

Gedung ini didesain dengan menggunakan prinsip – prinsip Islamic dan Green Design dimana dengan mengupayakan penghematan energi , menggunakan sinar matahari sebagai pencahayaan alami wujud pemanfaatan karunia Allah SWT. Dan juga pemanfaatan angin sebagai penghawaan alami pada sebagaian ruangan dalam gedung ini.

Gedung ini juga dilengkapi skygraden dan balkon yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk menikmati pemandangan sekitar dan mensyukuri apa yang ada disekitar. Sebelum lanjut ulasanya , mari kita lihat sedikit atau beberapa fasilitas yang ada digedung ini. Selain untuk kantor pusat terpadu yang saya jabarkan di atas dan 2 fasilitas dalam awal paragraf ini yaitu balkon dan skygarden ada juga. Berikut beberapa fasilitas lainnya , ada parkir , lobby utama ( main lobby ) , terdapat atrium utama juga , Conference Room , Food Court , Office ( yang sudah saya sebutkan sebelumnya ) , dan masjid didalamnya , dan juga ruang publik yang cukup luas.

Oh iya satu hal yang cukup menarik di gedung ini , menurut kabar yang saya dengan gedung ini menggunakan lift tipe panoramic lift.  Yang mana tipe lift ini sobat bisa melihat pemandangan sekeliling yang artinya lift ini tidak tertutup rapat tapi selubung lift ini dari kaca. Nah entah seperti apa nantinya , nanti coba dilihat seperti apa yang sebenarnya , apakah benar menggunakan panaromic lift. Terhitung boleh juga nih gedung kalau memakai panaromic lift.

Selain itu gedung ini juga disematkan teknologi modern , salah satunya menggunakan teknologi lift yang hemat energy , penggunaan lampu led di seluruh ruangan , penggunaan kaca gedung yang mampu menghalau panas dan radiasi matahari , sistem AC yang hemat energy dilengkapi manajemen control yang canggih. Kulit bangunan dan atap yang minim perawatan.

Gedung ini adalah buah karya civitas akademika Universitas Muhammadiyah Surakarta yang didedikasikan bagi kemajuan Muhammadiyah dan untuk turut serta mencerdaskan bangsa.

Nah gimana sudah kenal kan dengan gedung baru milik Universitas Muhammadiyah Surakarta ini. Oh iya sebagaian tulisan saya ini bersumber dari video profil ( sepertinya memang video profil ) gedung ini yang saya temukan di youtube , sebenernya juga diberitahu temen sih hehehe. Oh iya dibawah ini saya lampirkan video nya , monggo sobat yang pengen lebih jelas dan mungkin bingung dengan penjelasan yang saya ulas di atas bisa nonton video ini …cekidot sob

Advertisements
,

2 thoughts on “Inilah Gedung Induk Siti Walidah UMS ( Gedung Rektorat UMS )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *