TROTOAR ADALAH?

Trotoar memberikan mu sebuah kesetaraan derajat, bahwa semua penduduk itu sama penting nya satu sama lain.

130928_trotoar-nyaman1
Bisnis.com

Trotoar sobat sering banget denger kata tersebut dan tentunya sobat pasti sudah pernah melewati , menapaki , menggunakan si Trotoar yahh pokoknya itu. Tau gak sobat , Trotoar itu gak sekedar trotoar , tapi mempunyai nilai lebih bahkan memberikan nilai lebih buat sobat sendiri. Sedikit saya bahas lebih dalam . Oh iya makna lebih , saya beri contoh begini ( kebetulan saya dapat saat sedang membuka facebook eh muncul di beranda )

12643024_1029303447134341_1801257523901199699_n
Fanpage Koalisi Pejalan Kaki

Nah itu kan postingan gambar , dalam gambar tersebut berisi sebuah tulisan . Isinya sebagai berikut:

Trotoar adalah simbol bahwa penduduk yang memakai sandal  seharga  15.000 sama pentingnya dengan penduduk yang mengendarai mobil seharga 1,5 Milyar. –KoPK @trotoarian

Ya sedikit contoh , Trotoar adalah salah satu tempat yang membuat semua orang itu sama. Trotoar , mau itu baru aja dibangun atau udah lama yang lewat juga sama ( yang jelas orang lho ya ). Trotoar , mau kamu dari ini itu , apa lah itu lah . Trotoar tetap menerima kamu apa adanya. Trotoar mengganggap kamu sama pentingnya. Yah seperti ungkapan diawal tadi dari KoPK @trotoarian.

Seperti pada tujuan aslinya Trotoar tempat yang bertujuan atau berfungsi untuk jalur pejalan kaki. Berikut penjelasan singkat yang saya dapat dari Wikipedia.

Trotoar-Jalan-700x400
poskotanews.com

Trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan.

Para pejalan kaki berada pada posisi yang lemah jika mereka bercampur dengan kendaraan, maka mereka akan memperlambat arus lalu lintas. Oleh karena itu, salah satu tujuan utama dari manajemen lalu lintas adalah berusaha untuk memisahkan pejalan kaki dari arus kendaraan bermotor, tanpa menimbulkan gangguan-gangguan yang besar terhadap aksesibilitas dengan pembangunan trotoar.

Perlu tidaknya trotoar dapat diidentifikasikan oleh volume para pejalan kaki yang berjalan dijalan, tingkat kecelakaan antara kendaraan dengan pejalan kaki dan pengaduan/permintaan masyarakat.

Ya begitulah sobat , sedikit tulisan saya mudah – mudahan bermanfaat. Ini hanya salah satu tempat saja , dan masih banyak tempat – tempat lain. Ya kan sobat ? Menurut sobat ?

Tulisan ini terinspirasi dari sebuah postingan Fanpage Koalisi Pejalan Kaki , postingan itu sebuah postingan foto yang berisi pernyataan yang bermakna seperti yang telah saya ungkapkan diatas.

Sumber : Fanpage Koalisi Pejalan Kaki I Facebook ( klik disini )

Trotoar I Wikipedia ( klik disini )

Advertisements
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *