Rumah Baru KPK “Gedung KPK yang Baru”

Seperti apa sih gedung KPK yang baru yukk simak

Sumber Gambar: Kompasiana.com

KPK hayo siapa yang gak tau Lembaga yang satu ini. KPK atau dikenal dengan Komisi Pemberantasan Korupsi , lembaga yang berwenang atau bertugas untuk memberantas kasus – kasus korupsi yang ada di negeri ini “Empu nya menangani penyakit Korupsi”. Lembaga ini punya kantor baru lho. Inilah “Rumah Baru KPK” cekidot sobat.

Ini lho wajah dari gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sumber Gambar : Dari / Reupload oleh Tempo.co I Original By ANTARA/Hafidz Mubarak A

Gedung nya oke, secara fisik bentuknya agak menggembung / gemuk tapi tetep oke kok sobat.Terlihat modern yahh , banyak juga unsur – unsur kaca di gedung ini. Terlihat juga Gedung ini di dominasi panel komposit warna merah dan putih ada logo KPK juga, seperti ada topi atau mahkota di atasnya. Begitulah pendapat saya ( sebagai orang awam ) yang terlintas di benak saya ketika melihat wajah dari gedung ini melalui foto.

Sumber Gambar : Dari print.kompas.com I KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Gedung baru KPK dibangun karena kantor lama tidak lagi mampu menampung sekitar 1.000 pegawai hingga seluruh pejabat yang ada di lembaga antirasuah itu. Selain itu , saat meresmikan gedung barunya. KPK juga sekaligus merayakan ulang tahun yang ke-12. Selain lebih besar dan lebih luas, gedung yang berjarak sekitar 500 meter dari gedung lama KPK tersebut memiliki sejumlah fasilitas yang canggih.

Versi Rendering nya. Sumber Gambar : skyscrapercity.com
Versi Rendering nya. Sumber Gambar : skyscrapercity.com

Gedung baru dengan 16 lantai yang mana berdiri diatas lahan seluas 8.663 meter persegi dan luas bangunan 39.629 meter persegi itu dibangun oleh kontraktor PT Hutama Karya sejak 2013. Nantinya setiap lantai akan dibagi sesuai dengan direktorat masing-masing. Di gedung itu, ada pula ruangan khusus untuk penyelidikan dan penyidikan. Pembangunan gedung ini dilakukan menggunakan anggaran tahun jamak sebesar Rp 315,15 miliar yang bersumber sepenuhnya dari anggaran pendapatan dan anggaran belanja negara (APBN).

Selain untuk operasional, di bagian samping gedung dibangun penjara bagi koruptor dengan kapasitas 50 orang. Rinciannya, 40 ruang untuk pria dan 10 ruang untuk wanita. Fasilitas penjara tak jauh berbeda dengan fasilitas yang ada saat ini. Ruang sel penjara di gedung KPK saat ini memiliki luas 2 x 3 meter. Isinya hanya ada tempat tidur seluas 0,9 X 1,8 meter, lemari, dan exhaust fan.

Pimpinan KPK yang baru ini mengungkapkan bahwa gedung KPK yang baru ini dirancang menjadi smart building, green building, dan secure building. Lebih jelasnya begini , seperti yang dikabarkan tempo.co . Agus mejelaskan untuk konsep smart diwujudkan dengan penggunaan sistem keamanan terintegrasi berupa kamera pengawasan, pengontrolan terhadap akses masuk, manajemen pengaturan pengunjung, dan pengawasan berkeliling, serta mampu mengendalikan semua aktivitas peralatan utama dan penunjang di dalam gedung.

Pimpinan KPK yang baru ini juga mengungkapkan dengan konsep smart, pemakaian pendingin ruangan dan listrik juga lebih hemat karena menggunakan sensor gerakan dari manusia di dalam gedung, dan diharapkan, konsep ini menjadi contoh bagi yang lain dalam hal membuat gedung yang efisien terhadap penggunaan listrik dan tenaga surya.

Sedangkan konsep green, diwujudkan dengan mengedepankan penghematan penggunaan energi, misalnya penggunaan air hujan untuk keperluan toilet dan penyiraman tanaman. Ia menyebut, air hujan tidak akan mengalir di gedung merah-putih tersebut karena adanya resapan.

Untuk secure building, memang masih belum optimal. Gedung ini didesain agar hanya orang yang berhak saja yang bisa masuk ke dalam.

Agus menjelaskan juga setiap terperiksa akan memakai kartu identitas. Ia mengatakan terperiksa yang tengah diperiksa di satu ruangan tidak akan bisa mengakses ruangan lain. Di ruangan tersebut, ujar Agus, hanya terperiksa saja yang bisa masuk, sedangkan pengantar menunggu di ruang lain.

Adapun ruang pemeriksaan terletak di lantai dua dengan jumlah ruang sebanyak 70. Ruang terperiksa juga terhubung dengan layar di ruang lain sehingga saat pemeriksaan berlangsung, transkrip wawancara sudah bisa dibuat saat itu. Seperti yang diberitakan oleh Tempo.co

Oh iya seperti yang diberitakan oleh Tempo.co , Pada 29 Desember 2015 lalu Presiden Joko Widodo meresmikan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi yang terletak di Kuningan, Jakarta Selatan.

Pak Jokowi punya harapan untuk gedung baru KPK ini, begini harapanya “Saya berharap gedung baru ini bisa menjadi semangat baru dalam pemberantasan korupsi,” kata Jokowi dalam sambutannya. Seperti yang diberitakan Tempo.co

Kalau menurut sobat bagaimana “Rumah Baru KPK” ini ?

Sumber : Via Tempo.co

*Mengingatkan saja sobat , Tulisan ini telah diolah kembali dan disesuaikan agar sesuai dengan bahasa blog dan bahasa khas saya dalam menulis. Jadi tidak murni tulisan dan kabar dari saya. Ini adalah tulisan perpaduan. Dan juga telah disertakan sumber – sumbernya dari tulisan maupun gambar yang ada.

Advertisements
, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *