Mengintip Wisata Taman Petruk Boyolali, Wisata Baru Cepogo

Halo sob, kali ini mau bagi info Wisata Taman Petruk Boyolali, Wisata Baru Cepogo. Nah penasaran kan wisata boyolali terbaru? cekidot sob…

Wisata Boyolali : Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali

Berwisata memang menyenangkan sekali sob. Indahnya berwisata bersama keluarga maupun sahabat melepas penat rutinitas harian yang begitu pada menguras hati dan energi. Berwisata menjadi pilihan yang tepat untuk kembali fresh dalam rutinitas harian. Berfotoria menjadi sebuah hal yang wajib selama berwisata sekaligus membagikannya ke sahabat tercinta melalui sosial media.

Tren wisata saat ini liburan ke destinasi wisata alam lebih beragam mulai dari pesona keindahan hingga menawarkan banyak spot cantik nan instagramable yang mempercantik feed instagram dan membuat sobat tuk kangen kembali berwisata ditempat yang sama.

Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang menyimpan berbagai destinasi wisata menarik yang tak kalah indah dari daerah di sekitarnya, seperti Semarang dan Magelang. Boyolali berada diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu membuatnya memiliki kenampakan alam yang indah dengan udara yang sejuk. Boyolali yang dikenal sebagai kota susu ini setiap waktunya Boyolali selalu punya banyak destinasi wisata hits yang seru dan keren banget.

Salah satunya Boyolali kini memiliki wisata taman terbaru di Cepogo yang hits banget. Ya sob , saat ini tren wisata perbukitan yang mengoptimalkan lereng gunung dengan pemandangan indah jauh lebih beragam dan berpadu sangat cantik sehingga mampu menjadi wisata yang popuper banget dan menjadi destinasi favorit sering kali dikunjungi oleh masyarakat diberbagai daerah.

Ini dia wisata taman yang indah dan terbaru di Cepogo Boyolali…

Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali

Kehadiran Wisata Taman Petruk Boyolali ini memeriahkan wisata taman yang berada di lereng gunung yang masuk dalam wilayah Kabupaten Boyolali dan sobat semua jadi memiliki banyak pilihan tempat wisata favorit Boyolali. Menariknya Wisata Taman Petruk Boyolali ini untuk melengkapi dan manambah daya tarik wisata Irung Petruk Boyolali sehingga sobat semakin bersemangat menikmati wisata boyolali yang keren semua.

Wisata Irung Petruk Boyolali ?

Nah bagi sobat yang baru pertama kali lewat atau bahkan ada yang sering melintasi jalur menuju kawasan Wisata Selo pasti sering bertemu dengan Patung Petruk yang berada ditingkungan yang terbilang curam sekali. Perkenalkan sobat itulah Irung Petruk Boyolali.

Nah sepanjang jalan dari cepogo ke arah Kawasan wisata Selo tentu sobat akan melintasi tikungan yang sangat tajam dan berkelok, karena terlampau sangat tajam tikungan tersebut sehingga banyak orang sering menyebut tikungan tersebut dengan sebutan ”irung Petruk” atau dalam bahasa indonesia yang berarti hidung Petruk. Kini sob, pemerintah daerah telah membangun patung petruk yang merupakan anggota punakawan tokoh pewayangan sebagai pertanda bahwa tikungan tersebut berkelok-kelok menyerupai hidung petruk.

Selain itu ada lagi sob , Kisah yang lain tentang patung petruk bahwa konon di kawasan Selo, terdapat seorang tokoh yang bernama kyai Petruk, kyai Petruk ini sendiri adalah seorang putra pengageng ( pembesar atau tokoh masyarakat paling berpengaruh) dari kecamatan Cepogo, yang sejak mudanya beliau merupakan seorang yang sangat tekun dalam melakukan topo broto, selain itu beliau juga merupakan orang yang sangat jujur dan bijaksana serta suka menolong sesama. Karena perilaku dan ketekunannya dalam bertapa, maka kyai Petruk mendapatkan kesaktian.

Kesaktian kyai petruk sangat dipercaya oleh masyarakat Selo, utamanya kesaktian dalam meredam dan memberi pengayoman masyarakat Selo dan sekitarnya dari amukan Gunung Merapi yang memang kawasan Selo terletak diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Keberadaan patung Petruk yang terletak di atas tikungan irung petruk, bisa dijadikan “tetenger”  atau dalam bahasa Indonesia yang berarti pertanda. Adanya faktor atau sejarah munculnya tokoh kyai Petruk di kawasan Selo, sampai sekarang masih diadakan penghormatan kepada kyai Petruk dengan mengadakan acara sedekah gunung merapi yang diadkan setiap malam 1 suro atau 1 muharam.

Oh iya sob , disaat sobat mampir dan berkunjung ke Irung Petruk diharapkan sobat waspada dan -berhati – hati karena titik lokasi ini berada di tebing , tikungan , pinggir jalan raya Cepogo – Selo sob. Jadi dikhawatirkan kalau tidak berwaspada bisa membayahakan diri maupun orang lain. Hati – hati dalam berfoto ria , maupun dalam memparkirkan kendaraan ( takutnya kendaraannya ditabrak atau membuat jalan semakin sempit ).

Kenapa Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali?

Nah melihat potensi tersebut, demi keamanan dan kenyamanan sobat semua lahirlah Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali. Agar sobat bisa meletakan kendaraan dengan aman dan menikmati wisata Cepogo Boyolali dengan menyenangkan. Selain itu menjadi tempat nongkrong dan rest area sebagai tempat beristirahat setelah perjalanan panjang melalui jalan alternatif untuk rute Boyolali – Magelang. Suasana yang nyaman dan sejuk terasa di Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali. Melihat keindahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu langsung dari Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali.

Taman Petruk Boyolali ( Image Credit to @dhian_hardjodisastro From Instagram )

Fasilitas Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali?

Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali memiliki banyak spot foto yang instagramable mulai dari kursi cantic hingga ala gardu pandang sehingga sobat bisa melihat lebih luas dan berfoto dengan ikon Patung Petruk. Ada banyak gazebo, pergola , taman yang cantic dan spot foto warung telepon eropa berwarna merah. Oh iya bisa juga berfoto Bersama di spot gunungan wayang yang keren banget. Parkir Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali juga cukup luas.

Taman Petruk Boyolali ( Image Credit to @Wahyu Pratama From Instagram )
Taman Petruk Boyolali ( Image Credit to @_ansfdl From Instagram )
Taman Petruk Boyolali ( Image Credit to @dekk_imma From Instagram )
Taman Petruk Boyolali ( Image Credit to @dekk_imma From Instagram )
Taman Petruk Boyolali ( Image Credit to @dekk_imma From Instagram )
Taman Petruk Boyolali ( Image Credit to @fanabilap_ From Instagram )
Taman Petruk Boyolali ( Image Credit to @fanabilap_ From Instagram )
Taman Petruk Boyolali ( Image Credit to @fransdputra From Instagram )
Taman Petruk Boyolali ( Image Credit to @fransdputra From Instagram )

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali?

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali cukup Rp.5000,- dan ditambah Parkir Motor Rp.2.000,- atau Mobil Rp.5.000,-

Lokasi Wisata Taman Petruk Cepogo Boyolali?

Wisata Taman Petruk Boyolali lokasinya berada di Kawasan Gardu Pandang Irung Petruk Genting Cepogo, Boyolali. Untuk petunjuk lokasi Wisata Taman Petruk Boyolali sangat mudah cukup ketik dan langsung cari saja “Taman Petruk Boyolali” di Google Maps. Oh iya Wisata Taman Petruk Boyolali buka setiap hari jam 08.00 Pagi – 09.00 Malam. Sobat bisa cek Instagram @taman_petruk untuk info lebih lanjut.

Advertisements
, , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *