Wisata Keliling Pasar Legi Kota Solo

Halo sob, kali ini saya mau bagi info Wisata Solo : Keliling Pasar Legi Solo Bersama Soerakarta Walking Tour. Nah kepo kan ? Cekidot sob…

Wisata Solo : Keliling Pasar Legi Kota Solo Bersama Soerakarta Walking Tour

Beberapa waktu lalu diriku ikut lagi jalan jalan bersama teman – teman dari Soerakarta Walking Tour untuk Keliling Sekitar Pasar Legi Kota Solo. Menarik dan asik banget sob, kapan lagi bisa olahraga sambil belajar sejarah. Jalan kaki yang lumayan jauh tetapi menyenangkan. Soerakarta Walking Tour selalu mengajak kita berkeliling berbagai tempat bersejarah di Kota Solo yang menarik untuk diceritakan. Salah satunya keliling sambil bercerita sekitar Pasar Legi Kota Solo.

Jadi ceritanya begini sob, Pasar Legi terletak di Jalan S. Parman, Kelurahan Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Pasar Legi ini lokasinya tepat di sebelah utara Pura Mangkunegaran. Pada zaman dahulu, berawal dari pasar yang selalu ramai dan beraktivitas di kala hari pasaran “Legi” dalam 5 hari sekali. Waktu itu banyak orang dari pedesaan yang datang dengan keperluan jualan sekaligus berbelanja. Dahulu rombongan ini yang biasanya terdiri atas mbok-mbok (kaum perempuan) biasanya berjalan kaki beriringan dari desa menuju Pasar Legi. Rombongan ini berangkat dari desa sekitar tengah malam dengan membawa obor sebagai penerang dan biasanya diiringi beberapa lelaki untuk bergantian menggendong hasil buminya sekaligus sebagai menjaga keamanan. Ketika dalam perjalanan biasanya sambil ngobrol supaya tidak terasa kantuk dan capek.

Sejarahnya begini sob, Pasar Legi didirikan pada masa pemerintahan Mangkunegoro I (Pangeran Samber Nyawa). Pasar Legi secara administratif zaman dulu itu berada di bawah pengawasan Mangkunegaran. Pasar ini mulai berkembang pesat, ditandai tahun 1936, Pasar Legi dibangun menjadi lebih modern oleh Kanjeng Gusti Mangkunegoro VII (1916 – 1944), dan baru direnovasi lagi pada tahun 1992, hingga menjadi seperti sekarang ini. Beberapa waktu lalu pasar ini mengalami musibah kebakaran. Semoga segera dibangun kembali dan bisa beroperasi dengan lancar seperti sedia kala.

Sekarang, pasar Legi terus beraktivitas selama 24 jam dengan umumnya semua hasil bumi dan sayuran dari berbagai daerah. Pasar Legi tumbuh menjadi pasar induk hasil bumi dan sayuran yang mempunyai lingkup pelayanan regional bahkan nasional. Pasar Legi sekarang dimiliki oleh Pemerintah Kota Surakarta, dan berada di bawah Pengelolaan Dinas Pasar Surakarta.

( Advertisement )

Info Rekomendasi hotel murah di Solo namanya Front One Cabin Solo sebuah Hotel Murah Ringkas Keren di Kota Solo yang memiliki Konsep Stylish Cabin Hotel Kemana Saja Lebih Dekat. Sobat bisa cek ulasan Front One Cabin Solo disini terlebih dahulu. Atau Cek juga www.frontonecabinsolo.com lebih mudah Langsung yuk booking sekarang via DM di Instagram

Advertisements
, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *