Wisata Mengintip Ponten Mangkunegaran Solo

Halo sob, kali ini saya mau bagi info Wisata Solo : Wisata Mengintip Ponten Mangkunegaran Solo Bersama Soerakarta Walking Tour. Nah kepo kan ? Cekidot sob…

Wisata Solo : Wisata Mengintip Ponten Mangkunegaran Solo Bersama Soerakarta Walking Tour

Beberapa waktu lalu diriku ikut lagi jalan jalan bersama teman – teman dari Soerakarta Walking Tour untuk Mengintip Ponten Mangkunegaran Solo. Menarik dan asik banget sob, kapan lagi bisa olahraga sambil belajar sejarah. Jalan kaki yang lumayan jauh tetapi menyenangkan. Soerakarta Walking Tour selalu mengajak kita berkeliling berbagai tempat bersejarah di Kota Solo yang menarik untuk diceritakan. Salah satunya keliling sambil bercerita Ponten Mangkunegaran Solo.

Jadi ceritanya begini sob Ponten  Mangkunegaran Solo lokasinya berada di Kampung Ngebrusan RT. 02 RW. 03 Kelurahan Kesatalan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Ponten  Mangkunegaran Solo ini berada di depan Pos Keamanan RT. 01 RW. 02 atau tepat berada di pertemuan Jalan Kalimantan dengan Jalan Tarakan.

Bangunan yang dikenal dengan nama Ponten  Mangkunegaran Solo dibangun pada tahun 1936 atas perintah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario (KGPAA) Mangkunegara VII. Ponten  Mangkunegaran Solo ini dirancang oleh Hermans Thomas Karsten. Banyak banget kan bangunan yang didesain oleh Thomas Karsten. Dahulu tempat ini berfungsi sebagai tempat MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) bagi warga sekitar. Dizamannya Ponten  Mangkunegaran Solo ini dibangun agar rakyat bisa hidup sehat dengan menyediakan fasilitas sanitasi umum. Selain itu Ponten  Mangkunegaran Solo berdekatan dengan Stabelan, yang dulunya merupakan kandang kuda milik pasukan Legiun Mangkunegaran. Keren banget kemajuan budaya masyarakat perkotaan di bawah pemerintahan Mangkunegara VII.

Diceritakan penamaan bangunan ini berasal dari kata fountain yang dalam bahasa Belanda berarti air mancur. Dalam rancangan memang melengkapi dengan air mancur. Bangunan Ponten  Mangkunegaran Solo memiliki pintu masuk di sisi kanan atau timur dan kiri atau barat.

Oh iya sob, Ponten  Mangkunegaran Solo baik itu di sisi kanan kiri ada bilik mandi yang memiliki beberapa pancuran lengkap satu shower besar di bagian tengah. Oh iya khusus untuk bilik kanan, juga dilengkapi dengan dua kakus yang dipisahkan dinding. Di bilik ini terdapat penghubung ke sumur di bagian luar. Selain itu terdapat pipa-pipa pancuran air yang mengalirkan air dari bak penampungan di atas untuk keperluan mencuci bersama-sama. Pada masa lalu, air yang mengalir di bangunan ini berasal dari mata air Cokrotulung yang dialirkan perusahaan air NV Hoodgruk Water Leiding Hoodplaast Surakarta en Omstreken.

( Advertisement )

Info Rekomendasi hotel murah di Solo namanya Front One Cabin Solo sebuah Hotel Murah Ringkas Keren di Kota Solo yang memiliki Konsep Stylish Cabin Hotel Kemana Saja Lebih Dekat. Sobat bisa cek ulasan Front One Cabin Solo disini terlebih dahulu. Atau Cek juga www.frontonecabinsolo.com lebih mudah Langsung yuk booking sekarang via DM di Instagram

Advertisements
, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *