Begini Interior Besali Cafe De Tjolomadoe

Halo sob , kali ini saya mau update dan membagikan Begini Interior Besali Cafe De Tjolomadoe. Nah penasaran seperti apa ? Cekidot sob…

Info Cafe Solo : Begini Interior Besali Cafe De Tjolomadoe

Perlu sobat ketahui Pabrik bergaya Arsitektur Indies itu didirikan oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati (KGPA) Arya Mangkunegara ke-IV pada 8 Desember 1861. Kehadiran bangunan berserambi, berpilar Tuscany, beratap limasan dengan cerobong yang mengangkasa telah menjadi tetenger kebangkitan pulau Jawa dalam bidang industri gula.

Pabrik yang dinamai Tjolomadoe adalah bangunan industri gula pertama milik bumiputera di tanah Jawa. Nama itu menyiratkan simbolisme ‘gunung yang menebar kemuliaan’. Dan terbukti, sepuluh tahun kemudian, di tahun 1871 keuntungan Tjolomadoe telah melahirkan pabrik gula kedua Tasikmadoe sebagai simbolik ‘lautan madu’.

Tjolomadoe , bangunan berparas Art Deco hadir kembali sebagai ruang bagi warga bersilaturahmi, bercengkrama, seraya menggelar seni-budaya.

De Tjolomadoe

De Tjolomadoe buah hasil revitaliasi Bekas Pabrik Gula Colomadu tahap pertama mulai dibuka untuk umum ditandai dengan agenda konser bertaraf internasional Hitman David Foster and Friends pada 24 Maret 2018 lalu. Namun mulai 20 Maret 2018 sudah dibuka untuk umum. Dimana PT. Sinergi Colomadu menyelenggarakan Agenda De Tjolomadoe yang dilaksanakan selama 3 hari.

Seperti yang sobat ketahui De Tjolomadoe lokasinya berada di Jalan Adi Sucipto No.1 Karanganyar, Jawa Tengah ini memiliki fasilitas pusat budaya , concert hall, convention hall, museum , area komersial , area kuliner , area parkir.

Dalam De Tjolomadoe ada area kuliner yang mendukung dan melengkapi bangunan berparas Art Deco nan megah ini. Untuk area kuliner ini sendiri ada 3 area kuliner / food and beverage. 3 titik area kuliner disini penempatannya merata dan mudah dijangkau. 3 titik area kuliner ini meliputi Street Food Festival , Tjolo Koffie , dan Besali Cafe.

Interior Besali Cafe De Tjolomadoe

Dalam update kali ini saya mau mengulas dulu interior dari Besali Cafe. Nah Besali Cafe ini letaknya terasa sangat ekslusif menurut saya sob karena akses masuknya terasa tersembunyi dan kecil apabila dari dalam. Kalau dari luar sisi barat akses mudah dijangkau.

Sesuai namanya Besali Cafe itu merupakan Besali yang fungsi sebelumnya sebagai tempat perawatan / perbaikan untuk memenuhi kebutuhan pabrik dalam hal pembuatan / pesanan suku cadang. Fungsi setelah revitalisasi digunakan untuk food and beverage meliputi sebagai restaurant and cafe , band and music performance dan social event.

Besali Cafe seperti yang terlihat mengaplikasikan konsep open kitchen dan mini bar dengan pendekatan perpaduan gaya scandinavian dan industrial yang cantik. Gaya scandinavian terlihat dari penekanan fungsional ruang tanpa menghilangakan keindahan dan keanggunannya.  Selain itu penggunaan warna abu – abu dan putih. Gaya Scandinavian ini memiliki karakter dengan garis-garis sederhana dan tampilan yang bersih. Terlihat memberikan suasana elegan dan tetap fungsional.

Gaya industrial terlihat kuat dari ekspos langit langit atap yang memperlihatkan struktur atap serta ekspos bekas mesin pabrik gula yang besar sebagai identitas dahulunya merupakan bekas ruang besali tempat perawatan / perbaikan suku cadang pabrik pada masa lampau.

Foto Interior Besali Cafe De Tjolomadoe

Gimana menurut sobat ?

Advertisements
, , , , , , , , , , , , , , , ,

2 thoughts on “Begini Interior Besali Cafe De Tjolomadoe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *